Sabtu, 04 Januari 2014

12 BINATANG DI MANGGARAI & BUDAYA CINA




http://magicalsoul.wordpress.com/shio-babi/

1.   Shio Anjing






38 Votes

(Sahabat Setia)
A. Karakter dan Sifat Dasar
Shio Anjing paling disenangi dalam horoskop Cina. Ia sosok yang setia, jujur, pintar, adil, ramah dan tulus. Ia memiliki semangat untuk maju, terus belajar, dan mengamati tanpa kenal lelah. Ia taat peraturan, patuh hukum, dan giat bekerja. Shio Anjing tidak pernah melanggar hukum. Ia realistis, tak menerima sikap romantisme, dan melankolis. Tidak pernah berkhayal berlebihan. Ia tak akan melepaskan merpati di tangan hanya demi khayalan bisa menangkap punai yang terbang tinggi.
Merasa puas meski hidup biasa-biasa saja bersama keluarga kecil yang hangat dan bahagia. Sedikitpun tidak tersentuh dengan kejahatan dan keburukan duniawi. Shio Anjing tidak materialistis dan tak senang kemegahan. Ia lebih menyukai kesederhanaan dan tidak begitu memedulikan uang. Namun, kalau butuh uang, ia akan mengejarnya. Ia juga sosok yang dermawan, suka memerhatikan dan membantu orang lain, menegakkan kebenaran, dan membela orang-rang lemah yang diperlakukan tak adil. Ia tidak ragu menolong, ikhlas, dan tanpa memikirkan untung-rugi. Ia adalah hakim alamiah yang sangat objektif. Anjing adalah sahabat paling setia.
Shio Anjing penuh percaya diri, optimis, dan riang. Namun, sebenarnya, di dalam hati selalu ada sedikit rasa was-was. Selalu sedih dan pesimis terhadap perkembangan dunia yang dilanda krisis dan bencana. Ia merasa gelisah berlebihan, mengkhawatirkan langit akan runtuh mengubur bumi karena tingkah manusia yang banyak berbuat dosa.
Shio Anjing berwatak jujur, cerdas, terus terang, setia, adil, dan fair play. Sikap yang ramah dan rendah hati, bisa menempatkan diri dalam pergaulan dan membuatnya tak banyak menuntut. Ia menganggap semua orang sama, selalu bersedia mendengarkan alasan orang dan bisa dipercayai. Ia biasanya tidak tega mengabaikan orang lain yang memohon pertolongan. Ia akan mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Kalau ada orang yang sudi menolong sampai sepuluh kali pada orang yang sama, sangat mungkin orang itu bershio Anjing. Kadang, ia bersikukuh pada orang yang dikasihinya, tak peduli betapa tidak berharganya orang itu. Shio Anjing juga bukan pemarah. Namun kalau sampai ia marah, tanpa peringatan tiba-tiba muncul, tetapi kemarahannya akan segera mereda. Setelah itu, Shio Anjing akan segera berbaikan walaupun bukan dirinya yang bersalah atau memulai pertengkaran. Ia bisa berdamai dan akrab lagi seolah tak pernah terjadi apa-apa.
Anjing tak gampang percaya pada orang, tetapi ia selalu berusaha mencari teman yang terbaik. Sekali berhasil memperoleh kesetiaannya, ia akan percaya penuh. Cobalah mengkritik orang dekatnya, justru dialah yang akan menangkis kritik itu dengan ketus. Shio Anjing juga tabah menanggung penderitaan sampai menjadi tak berdaya. Ia sungguh-sungguh berharap dunia ini bisa menjadi lebih baik.
Warga Shio Anjing yang lahir malam hari lebih agresif dan lebih cepat naik darah dibandingkan mereka yang lahir pada siang hari.
Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 sosok yang penuh kasih sayang, tidak terlalu dermawan, dan suka mengukur segala sesuatu dengan materi. Shio Anjing yang dilahirkan antara 01.00-03.00 sosok yang agak kasar, jujur, konservatif, dan ketus. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 sosok yang sangat aktif, berani, tak kenal lelah, tidak sabaran, kritis, cepat terangsang, dan penuh nafsu. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 sosok yang suka hidup damai dengan siapa saja, periang, dan “tak suka memamerkan taringnya”. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 sosok yang idealis, pekerja ulet, dan memiliki bakat religius yang baik (mampu menjadi ustad, penginjil, atau ahli kitab). Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 sosok yang pendiam, senang merenung, cerdas, memiliki intelektual yang bagus, dan suka merasa pintar sendiri. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 sosok yang agak ketus, periang, reaksinya cepat, cocok dijadikan teman akrab, dan sulit dipaksa atau dipengaruhi. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok yang lembut, senang bicara, simpatik, agak pesimis, dan fair play. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 sosok yang tak pernah habis akal, lucu, lihai, banyak lagak, dan periang. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 sosok yang gemar menasihati orang, tetapi ia sendiri tidak pernah mempraktikkan nasihat itu alias omdo (omong doang). Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok yang siap membela diri dan selalu waspada, tak hentinya menelusuri kebenaran, terbuka, jujur, dan berjiwa revolusioner. Shio Anjing yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok yang tegap, punya daya tarik kuat, dan emosional.
B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Anjing
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Anjing, yaitu Shio Anjing Logam, Anjing Kayu, Anjing Air, Anjing Api, dan Anjing Tanah.
a. Shio Anjing Logam
Shio Anjing Logam umumnya berkeyakinan kuat dan kritis. Prinsip pribadinya nomor satu dan tak segan mengabdi pada apa yang dianggapnya berharga. Ia berbudi luhur dan berhati lembut, tetapi kalau marah bisa kejam dan tak akan ragu menghancurkan musuh-musuhnya. Unsur logam sebagai unsur dasar dirinya akan menjadi logam ganda yang amat ditakuti. Orang Tibet menyebut kombinasi ini sebagai ”Anjing Besi”. Biasanya, tahun Anjing Besi bisa menjadi tahun yang baik sekali atau jelek sekali, tergantung apakah dia memilih arah negatif atau positif. Shio Anjing Logam disiplin dan serius, apalagi menyangkut masalah asmara atau tanah airnya. Kesetiaannya tak diragukan dan pandangan politiknya keras. Sikapnya selalu pasti berdiri pada satu pihak dengan setia sampai mati. Ia benci ketidakadilan dan permainan kotor, tetapi sangat enteng untuk memaksa orang lain menuruti pandangannya.
b. Shio Anjing Air
Shio Anjing Air suka mengandalkan intuisi dan sulit diatur. Ia simpatik terhadap pandangan orang, demokratis, dan berkepribadian menyenangkan. Ia santai, cenderung lembek terhadap diri sendiri maupun orang lain, menuruti kata hatinya untuk bertualang, dan foya-foya. Ia sanggup mengekang emosinya, tampil kalem, dan menarik. Shio Anjing Air penasihat yang baik, hakim yang adil, dan pelaksana yang berpegang pada peraturan. Ia bisa mengekspresikan diri sendiri dan menerapkan pendekatan psikologis yang sulit ditolak. Ia juga ditakdirkan selalu dikelilingi banyak kawan. Ia sendiri juga kerap diminta menemani orang.
c. Shio Anjing Kayu
Shio Anjing Kayu sosok yang memikat, baik hati, kalem, dan tulus. Ia selalu waspada terhadap orang tak dikenal, tetapi mampu mengikat hubungan akrab dengan keluarga dan sahabat yang dicintainya. Ia sosok yang jujur, tenggang rasa, menyenangkan, dan selalu berusaha mengembangkan diri. Selain itu, ia juga cenderung gemar mencari pertumbuhan, keseimbangan, dan keindahan lingkungannya. Kayu membuatnya stabil dan murah hati. Ia senang uang dan kesuksesan, tetapi enggan pada materi berlebihan. Shio Anjing Kayu halus budi, tetapi tegas, enerjik, dan kooperatif. Ia senang bergabung dengan pihak yang lebih kuat. Pada dasarnya dia berorientasi pada kelompok. Ia sesekali bisa mundur hanya karena tidak mendapat persetujuan dan dukungan dari yang lain.
d. Shio Anjing Api
Shio Anjing Api sosok yang dramatis, menawan, ramah, dan berpotensi menjadi sangat populer di kalangan lawan jenisnya. Ia tak mau melakukan hal yang berlawanan dengan keinginannya. Ia bisa menjadi napas kehidupan suatu kelompok gemar berkhotbah, dan telaten mempraktikkan apa yang telah dikhotbahkannya. Kontrol dirinya hebat, ia tidak mau dihanyutkan kesuksesan dan nasib baik. Unsur Api membuatnya ganas, kreatif, dan blak-blakan dalam mengekspresikan diri. Dia periang, yakin diri, punya daya tarik seperti magnet, dan dapat meyakinkan orang lain untuk mengikuti arahannya. Semangatnya yang cinta kebebasan selalu membuatnya tergetar oleh pengalaman dan petualangan baru. Namun, ia masih buth panutan. Ia berhubungan lebih baik dengan orang yang lebih tua.
e. Shio Anjing Tanah
Shio Anjing Tanah sosok yang pendiam, baik hati, dan penuh rahasia. Ia bisa mengilhami orang lain dan memerintah dengan bijak, berpikir efisien, dan konstruktif. Ia biasa bergerak perlahan dengan niat yang luhur, setia pada keyakinannya, tetapi patuh pada peraturan mayoritas, waspada, dan berhati-hati. Ia menghargai uang dan kekuasaan secara selayaknya, juga berpegang pada nilai-nilai tertentu yang tak pernah dikhianatinya. Standar moral dan idealismenya tinggi sering membuatnya terjebak untuk bertindak berlebihan menuntut pengabdian dan kesetiaan yang agak di atas rata-rata. Ia pejuang yang gigih, praktis, dan kurang sentimentil. Shio Anjing Tanah realistis, bisa menilai diri sendiri, dan tak ragu berbicara dari lubuk hatinya. Ia tak akan menyia-nyiakan kekuasaannya dan tak keberatan membagi tanggung jawab. Ia sportif, tak pernah tertekan hanya karena kalah, dan tak pernah terlalu bangga karena menang.
Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio

2.   Shio Ayam


45 Votes

(Perfeksionis dan Teliti)

  1. Karakter dan Sifat Dasar
Ayam dalam Horoskop Cina dikenal sebagai pahlawan gagah berani yang sulit dimengerti dan eksentrik. Penampilan luarnya yang gagah bisa dianggap sebagai simbol keyakinan dan kesiap-siagaan. Namun, pemikirannya cukup konservatif dan kolot.  Meski begitu, Shio Ayam menarik dan penuh gaya. Ayam tak pernah berjalan terbungkuk-bungkuk. Posisi tubuhnya selalu tampak tegak dan pongah. Bahkan, pemilik Shio Ayam yang paling pemalu sekalipun masih memiliki potongan tubuh yang langsing dan selalu mempertahankan sikap tegas yang khas.
Wajar tapi menawan, lepas bebas tapi sopan, tenang, dan berkelas penampilannya. Ia berlapang dada, menangani masalah secara serius dan konsentrasi, tidak serampangan, tidak ragu-ragu, tabah, dan tekun. Shio Ayam terus menerjang meski dihadang kesulitan. Kegagalan tidak akan mengurangi semangat juangnya. Ia tak akan tunduk pada siapa atau apa pun, tak mau kalah, selalu ingin membandingkan keunggulannya dengan keberhasilan orang sehingga tak jarang timbul “gesekan”. Dia tak akan lari hanya karena perselisihan. Ia akan menghadapinya seperti layaknya Ayam jago.
Cerdik, mampu berorganisasi, ahli keuangan dengan anggaran yang ketat, piawai di bidang perencanaan. Bisa memanfaatkan uang secara sangat hati-hati dan penuh perhitungan. Dia menolak spekulasi. Meski paceklik, ia selalu punya tabungan karena dia efisien mengatur uang dan sama sekali tidak pelit. Namun, kegemarannya bersolek bisa menghabiskan banyak uang. Tak bisa disembunyikan, ia memang mengagungkan kemegahan duniawi. Padahal, bila ditelaah lebih jauh, ia sebenarnya konservatif dan canggung, taat peraturan, dan betah berlama-lama berdiam dalam lingkungan yang sama.
Ada dua tipe Shio Ayam. Tipe pertama, mudah terbakar dan amat cerewet. Tipe berikutnya, yang diam-diam mengawasi. Keduanya sukar dihadapi. Ia berotak tajam, rapi, tak kenal jam karet, teratur, pandai mengambil keputusan, tegas, waspada, jujur, bisa terus-terang, dan bicara to the point. Komentarnya kerap menyinggung perasaan. Ia gemar bersilat lidah dan berdebat untuk memperlihatkan betapa berbobot dan cakap dirinya, tanpa memedulikan perasaan orang. sebaliknya, ketika dibuat malu, ia amat menderita. Shio Ayam sama sekali tak punya potongan diplomat. Ia akan mati langkah dalam situasi yang menuntut taktik, luwes, dan arif.
Shio Ayam adalah perfeksionis sejati, bermata jeli terhadap hal-hal kecil, dan agak teoritis. Idenya kadang dirasa hanya cemerlang di atas kertas daripada dalam kehidupan nyata. Ia sering lupa pada kelemahan moril manusia. Jalan pikirannya ilmiah dan tak bisa memahami mengapa orang lain tak bisa hidup seperti caranya. Namun, Shio Ayam sangat tulus dan ikhlas ketika membantu orang. negatifnya, ia terlalu konservatif dan memegang teguh apa yang diyakininya hingga cenderung menolak pandangan orang lain.
Ayam adalah pekerja yang bereputasi sangat baik. Ia tahu betul cara menyenangkan hati atasan. Tenaganya tak terbatas dan kemauannya keras untuk mencapai sukses. Namun, ia kadang terlalu yakin. Tak jarang dia menerima tugas yang mustahil dikerjakan. Namun, dasar nasib baik, ia akan sukses berikut rezeki dari tempat-tempat yang sudah dikenal umum. Ia tak perlu mengembara jauh-jauh untuk menemukan keberuntungan. Ayam masih bisa mencari makan di tanah yang paling keras sekalipun.
Shio Ayam yang lahir pada saat fajar menyingsing atau pada saat matahari terbenam adalah pribadi yang paling bawel dari semua Shio Ayam. Shio Ayam yang lahir pada malam hari memiliki sifat kebalikannya. Mereka bisa menjadi terlalu serius, terlalu memerhatikan dan memusatkan perhatian pada diri sendiri, dan bahkan tidak komunikatif.
Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 sosok yang ramah, rasional, dan memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Shio Ayam yang dilahirkan antara 01.00-03.00 sosok yang tegas, mendambakan kewenangan, dan cenderung sok berkuasa. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 sosok yang menawan, wataknya tak menentu, dan terlalu percaya diri. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 sosok yang tenang, efisien, murah rezeki, dan suka menggertak orang. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 sosok yang pongah dan tak kenal takut. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 adalah sosok yang bijak, agak liar, senang menyendiri, dan suka menyimpan rahasia. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 sosok yang parlente, praktis, responnya cepat, otaknya tajam, dan tidak suka berspekulasi. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok yang ramah, agak pemalu, tidak terlalu sok, dan sopan. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 sosok cekatan, menyenangkan, tidak mengada-ada, mujur, dan berani. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 sosok yang efisien, cermat, terlalu kritis, dan eksentrik. Shio Ayam yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok yang penuh perhitungan, angin-anginan, adil, idealis, dan memiliki lidah “setajam sembilu”. Shio Ayam yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok yang cepat puas, berjiwa sosial, jujur, dan tidak mementingkan diri sendiri.

  1. Teori Dasar Lima Unsur Shio Ayam
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Ayam, yaitu Shio Ayam Logam, Ayam Kayu, Ayam Air, Ayam Api, dan Ayam Tanah.
  1. Shio Ayam Logam
Shio Ayam Logam sosok yang praktis, giat, berkharisma, menawan, otaknya cemerlang, suka menyelidik, optimis, dan idealis. Unsur logam menurunkan sikap menentang, kepala batu serta ambisius. Dia terlalu fanatik pada keyakinan sendiri dan tak siap menerima paham orang lain. Dia realistis dan tidak rewel, tetapi sulit bersikap netral saat egonya ditantang. Shio Ayam Logam dapat terhalang oleh emosinya. Ia cenderung memaksakan ketertiban dan menuntut kondisi lingkungan higienis, bahkan bersih steril. Shio Ayam Logam gigih mengejar kekayaan materi, tetapi sering memerhatikan di bidang sosial. Ia merasa berkewajiban menyumbangkan tenaga dan pikirannya pada kemanusiaan. Batinnya puas kalau bisa terlibat dalam memecahkan persoalan sosial.

  1. Shio Ayam Air
Sosok Ayam Air sosok yang intelek, suka budaya, mahir surat-menyurat, tertarik pada efisiensi komputer, inisiatif, energinya luar biasa dalam mengejar cita-cita, pragmatis, dan mampu berpikir jernih atau menganalisa semua keganjilan yang muncul. Namun, ia tidak setegar Shio Ayam unsur lainnya. Ia tidak suka mengorbankan diri untuk kepentingan orang lain. Namun, ia dapat menggoyahkan pendirian orang banyak, bahkan memprovokasi orang lain. Ia berpegang teguh pada keyakinan ilmiahnya sehingga bisa mengabaikan pokok penting suatu masalah. Ia terlalu terpaku pada hal detil sehingga mengaburkan over view. Dia terpesona pada sistem dan prosedur-prosedur sehingga sering terjebak menjadi birokrat yang cerewet.

  1. Shio Ayam Kayu
Shio Ayam Kayu sosok yang bersemangat meluap-luap, tetapi pandai bertenggan rasa. Ia bukan penurut, tetapi tidak keras kepala. Ia tertarik menangani masalah rumit, kemudian terperangkap ke dalam kesimpang-siuran jalan pikirannya sendiri. Selanjutnya, itu akan membuat repot orang-orang yang diperintahnya. Unsur Kayu di dalam dirinya dapat memacunya mencapai kemajuan. Selain itu, karena sifat jujur, tulus hati, berpikiran terbuka, adil, berjiwa sosial, dan sanggup mengabaikan kepentingan sendiri demi kesejahteraan bersama. Ia membina hubungan harmonis dengan teman sekerjanya meski tak bisa memperlunak komentarnya yang menggigit dan selalu berupa melindungi hak pribadinya.

  1. Shio Ayam Api
Shio Ayam Api sosok yang sangat enerji, bermotivasi tinggi, kuat memegang prinsip dan sulit berubah, punya bakat berorganisasi, mampu memproyeksikan citra publik yang merangsang dan dinamis. Shio Ayam Api memiliki niat paling luhur dan berwibawa dibandingkan Shio Ayam unsur lainnya. Ia mampu bekerja sendiri dengan ketepatan jitu. Ia bisa menjadi pelaksana yang baik sekaligus pemimpin yang disegani. Ia juga cuma percaya pada fakta dan studi kemungkinan miliknya sendiri. Ia tak tergoyahkan oleh pendapat orang lain. Namun, ia profesional dan sopan dalam setiap transaksi yang dibuatnya. Hanya saja, ia cepat naik darah, terlalu dramatis, dan cepat grogi.

  1. Shio Ayam Tanah
Shio Ayam Tanah sosok yang rajin dan penuh selidik. Ia gemar mencari kebenaran sejati. Ia juga matang pada usia muda. Unsur Tanah menjadikannya akurat, efisien, dan berhati-hati dalam menajalankan tugas. Ia tahu betul menghadapi fakta yang keras. Ia tak gentar memikul tanggung jawab berat dan selalu bicara blak-blakan. Ia sederhana dan fanatik, bahkan cenderung menjadi da’i dan penginjil. Ia gemar berkhotbah mendorong orang lain, memberikan teladan yang sederhana secara cermat. Ia sistematis, selalu menyimpan buku catatan, menyimpan data, dan mencatat segala sesuatu yang dikerjakannya. Shio Ayam Tanah menyebarkan benih dan memetik panennya sejak subuh hingga mentari terbenam dan mampu mengumpulkan suksesnya segantang demi segantang.

Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio






3.   Shio Babi


51 Votes

(Pekerja Keras dan Matre)

A. Karakter dan Sifat Dasar
Shio Babi baik hati, jujur, terus-terang, ramah, tulus, hangat, tabah dan berlapang dada. Shio Babi bukan tipe pemberontak. Ia cenderung penurut. Namun, biasanya Shio Babi keras kepala, bertenaga, dan ulet, tetapi kurang pengetahuan. Secara keseluruhan, Shio Babi memesona, agak misterius, gagah, kuat, berani, tenang, penuh pengertian, gampang naik darah, dan benci pertengkaran. Ia cocok untuk jadi tempat curhat. Ia akan menyambut dengan hangat, mencoba membantu, memecahkan masalah apa pun yang diadukan kepadanya. Dia pendengar yang baik, bahkan tak akan menolak untuk mendengar curhat dari orang yang sudah jelas-jelas terbukti bersalah.
Ia lugu, sederhana, dan tak mau mengejar kemegahan atau kekayaan. Ia suka menjadi diri sendiri yang selalu apa adanya, tanpa kamuflase ataupun tanpa dibuat-buat. Shio Babi adalah orang paling wajar. Ia tak banyak bicara karena tak suka bermain kata-kata. Ia tak mau menarik perhatian, low profile, dan pendiam. Namun, bila sudah keterlaluan, Shio Babi bisa meladeni perang mulut. Ia terlalu realistis dan menjunjung tinggi kebenara.
Ia tidak pernah berprasangka ataupun membicarakan kejelekan orang lain. Ia juga tak mau mengkritik siapa pun. Ia anti-intrik, anti-tipu-muslihat. Ia anggun dalam bergaul dan lebih suka tindakan nyata daripada kata-kata. Namun Shio Babi sendiri mengharapkan orang lain mentolerir kelemahannya.
Shio Babi tak akan memesona seperti Shio Naga, menghipnotis seperti Shio Monyet atau Macan, tidak juga akan memukau seperti Shio Ular. Ia hanya akan mempengaruhi sedikit demi sedikit sampai orang tak berdaya tanpa dirinya. Babi adalah gabungan antara keperkasaan tradisional, kerajinan, dan kecemerlangan. Ia tak keberatan mengambil alih beban orang lain atau berdiri di belakang layar untuk menyokong seluruh permainan dengan segenap kekuatannya. Ia manusia yang kita anggap sudah seharusnya ada, sampai saat kita ditinggalkan sendirian, baru kita sadar betapa kita bergantung padanya.
Sudah sepantasnya, Shio Babi bisa dipercaya, sebab ia tak punya motif tersembunyi. ia polos dan lugu, seakan mangsa favorit bagi penipu. Namun, Shio Babi selalu bertemu orang yang membantunya sekalipun dia tidak meminta tolong. Ia lebih suka menjadi pihak yang memberi. Ia membantu siapa pun yang membutuhkan pertolongan, tak peduli ia kenal atau tidak dengan orang yang dibantunya. Mungkin karena itu dewi Fortuna selalu menyertainya. Ia kadang percaya pada keajaiban. Dan keajaiban selalu datang padanya.
Shio Babi termasuk “bermuka tebal”, ia sanggup mengacuhkan hinaan orang. Ia bisa dengan enteng mengangkat bahu menanggapi hal menjengkelkan dan menyakitkan hatinya. Bila tertimpa musibah, ia akan segera pulih. Shio Babi tak pernah memusingkan semua musibah.
Bila jatuh cinta, Shio Babi akan mencintai dengna segenap jiwa-raga. Dalam petualangan asmara setengah jalan, shio Babi biasanya selalu menjadi pihak yang terluka. Namun, ia sanggup bertepuk sebelah tangan sampai bertahun-tahun. Kekurangan Shio Babi yang utama adalah tidak sanggup berkata “Tidak” kepada diri sendiri, keluarganya, maupun teman-temannya. Sebagian besar masalahnya bersumber dari karakternya yang terlalu murah hati. Menyangkut kata “tidak”, Babi harus banyak belajar karena pada akhirnya akan mendatangkan kesulitan baginya. Namun, ia rela menanggung semua beban tanpa mengeluh.
Saat membangun usaha, kemudian jatuh bangkrut, Shio Babi selalu berhasil me-recovery dan tampil lebih cemerlang dan lebih berani dari sebelumnya. Rahasia suksesnya terletak pada keyakinannya yang teguh, kedermawanan, dan kesanggupannya untuk memulihkan diri dan musibah. Work hard, play hard. Babi memang ditakdirkan untuk bekerja keras dan bermain. Dengan ketangkasan dan kata hatinya, ia akan berhasil membantu orang-orang terdekatnya. Ia seakan ditakdirkan untuk memperoleh segala yang dibutuhkannya. Uang, kekuasaan, dan kesuksesan yang datang padanya akan dibagi-bagikan kepada semua orang tanpa memikirkan diri sendiri. Dengan gayanya yang mantap dan royal, Shio Babi mereguk hidup ini sepuas-puasnya. Dialah sobat yang sempurna, yang selalu siap membantu atau meminjamkan uang. Boleh jadi, sifatnya ini yang membuatnya begitu mujur!
Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 sosok yang jarang berpangku tangan, royal, mampu mengontrol diri, senang bergaul, dan mampu menarik manfaat dari suatu hubungan. Shio Babi yang dilahirkan antara 01.00-03.00 sosok yang bertemperamen kuat dan lebih teliti tapi kerap memiliki pandangan yang bertentangan. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 sosok yang berani, berjiwa besar, mencintai olah raga, pelaksana sekaligus organisator yang hebat, dan agak emosional. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 sosok yang santai,bijak, tak sudi memikul beban yang lebih berat daripada yang harus dipikulnya, senang berkumpul-kumpul, tidak disiplin, dan selalu perhitungan. Shio Babi kelahiran antara pukul 07.00-09.00 sosok yang kuat, bertanggung jawab, polos, dan berdedikasi terhadap mereka yang dikasihinya. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 sosok yang suka merenung, misterius, konsisten mengejar cita-citanya, dan selalu mengutamakan keadilan. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 sosok yang berani, bersemangat, dan bisa memecahkan permasalah orang lain. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok yang mudah iba, sentimentil, terlalu sopan, dan gampang disetir. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 sosok sukar ditebak, suka menyembunyikan keserakahan di balik keramahan, dan mampu melindungi diri dari kebodohan sendiri. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 sosok yang modern, tidak praktis, punya itikad baik, dan suka bekerja untuk amal. Shio Babi yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok yang terus-terang, logis, dan tidak suka berfoya-foya. Shio Babi yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok “intan yang belum diasah”, semua kualitas yang baik ada pada dirinya, dan siap dikembangkan atau dieksploitasi.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Babi
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Babi, yaitu Shio Babi Logam, Babi Kayu, Babi Air, Babi Api, dan Babi Tanah.
a. Shio Babi Logam
Shio Babi Logam sosok yang pongah, gagah, penuh gairah, dan terlalu ingin menguasai. Ia juga selalu ingin lebih dominan, ambisius, dan suka memaksakan kehendak, dan kurang objektif. Shio Babi Logam seringkali memiliki selera yang berlebihan, ekstrovert, kurang luwes, dan taktis. Ia tidak mengontrol kehidupan pribadinya. Ia suka memamerkan kasih sayang terhadap mereka yang dicintainya. Pikirannya bersih, sering meremehkan musuh-musuhnya, dan menghargai teman-temannya secara berlebihan. Shio Babi Logam bisa kasar kalau marah atau menyesal. Ia tidak berusaha menyembunyikan kesalahannya, tetapi akan mengakui segala kesalahan yang telah dilakukannya. Ia orang yang bertanggung jawab. Ia memiliki daya tahan dan stamina yang luar biasa dibandingkan Shio Babi unsur lainnya.

b. Shio Babi Air
Shio Babi Air sosok yang gigih, pandai berdiplomasi, memiliki kualifikasi sebagai seorang duta, mahir membaca keinginan yang tersembunyi, dan banyak akal. Unsur Air memberikan kesabaran. Ia ramah, tenang, tekun, dan suka pesta. Ia taat pada aturan yang ditentukan. Ia tak segan mengumbar rasa cinta kasihnya. Tidak jarang dia terjebak dalam hal negatif, terbenam dalam kehidupan “gila”, atau suka terlalu banyak “minum”.

c. Shio Babi Kayu
Shio Babi Kayu sosok yang pandai memanfaatkan orang lain. Ia mempertahankan kemajuan diri, tetapi suka meluangkan waktu untuk organisasi amal. Ia gemar menolong orang, mencurahkan kemampuannya untuk membina hubungan baik dengan setiap orang. ia promotor hebat, pandai mencari dana bagi transaksi bisnisnya. Wataknya yang welas asih dan baik hati, selalu bersedia merekomendasikan pengampunan bagi manusia yang paling tidak berharga sekalipun. Dia bahkan tidak terlalu memusingkan sisi negatif orang-orang yang bergaul dengannya. Akibatnya, teman-temannya bisa menyeretnya ke dalam “lumpur”. Namun, ia akan selalu memperoleh imbalan berkat keahliannya membangun rasa percaya diri orang sekitarnya. Ia dapat memperoleh posisi penting karena bakatnya yang pandai menyatukan orang. Unsur Kayu dapat membuatnya emosional, tetapi bisa jadi perayu yang mematikan. Shio Babi Kayu gemar menjamu orang dan membangkitkan suasana menyenangkan ke mana pun dia melangkah.

d. Shio Babi Api
Shio Babi Api sosok yang pemberani, enerjik, emosional, kuat, perkasa, dan bertekad baja. Ia  mampu mencapai tingkat kemajuan tertinggi atau sebaliknya jatuh tanpa ampun ke dalam jurang kenistaan, tergantung jalan yang dipilihnya dan seberapa ketat tali kekang yang mengontrol energi dan nafsunya yang besar. Shio Babi Api tidak pernah gentar terhadap orang yang tak dikenalnya. Ia optimis, mudah percaya dan dipercaya. Ia akan mencoba peruntungan di segala bidang dan mengatasi berbagai rintangan. Motivasinya adalah cinta kasih. Ia akan berusaha mengumpulkan kekayaan supaya dapat menciptakan gaya hidup yang berkelas tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi seluruh anggota keluarganya. Ia tak segan berbuat baik sekalipun pada orang yang tak dikenalnya. Ia dermawan. Dalam keadaan negatif, Shio Babi Api bisa menjadi keras kepala, cenderung suka membohongi orang, dan jatuh ke dalam jurang dosa. Ia suka membangun perusahaan tenaga kerja. Ia memang bersemangat untuk membuka lapangan kerja baru yang mampu mengatasi masalah pengangguran.

e. Shio Babi Tanah
Shio Babi Tanah sosok yang tenang, wajar, periang, dan punya banyak akal. Unsur Tanah menjadikannya produktif. Ia senang beraktivitas yang berhubungan dengan pengumpulan dana. Ia mantap dan sabar. Shio Babi Tanah akan merencanakan masa depannya sendiri dan menentukan target yang harus dicapai. Ia tak akan berhenti sebelum mencapai targetnya. Kemauannya keras, sanggup menanggung tekanan, mampu memikul beban yang tak mampu dipikul orang lain. Shio Babi Tanah rajin, bersemangat, tekun, dan mengabdikan diri pada pekerjaan serta keluarganya. Ia akan menemukan ketentraman dan sukses materi. Shio Babi Tanah biasanya berperawakan gendut karena doyan makan dan minym. Ia senantiasa mencari kehidupan yang tenang dalam keluarga yang harmonis.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio (Liok Hap Shio)  



4.   Shio Kambing

34 Votes

Melankolis yang Selalu Beruntung
A. Karakter dan Sifat Dasar
Shio Kambing adalah simbol feminin di antara zodiak Cina. Shio Kambing ibarat “ibu yang berlimpah kasih sayang”. Shio Kambing sosok yang lemah lembut, baik hati, penurut, sedikit pemalu, dan tampak ketakutan. Sikapnya ramah, sopan, pengertian, mampu mengendalikan diri, dan suka membantu. Shio Kambing dikuasai perasaan, tetapi tajam pemikirannya. Ia sentimentil dan mudah putus asa, tetapi hatinya keras, tegar, pandangannya tegas, dan tidak mudah terpengaruh oleh opini publik. Ia pribadi yang bebas, mandiri dan tidak pernah memedulikan gunjingan orang lain. Ia sangat menjauhi konflik atau permusuhan. Ia tak mau terlibat dalam aliran yang mengatasnamakan apa pun.
Shio Kambing memiliki peruntungan yang bisa dibilang selalu mujur. Teman-temannya selalu siap sedia untuk menyokongnya dan membantunya. Orang Cina percaya bahwa dewi fortuna selalu tersenyum kepada Shio Kambing karena kepolosan dan kebaikan hatinya. Shio Kambing sosok yang dermawan dan tepat waktu. Ia tak segan-segan untuk mengeluarkan hartanya untuk membantu sesama yang tertimpa musibah.
Shio Kambing sangat mudah untuk memaafkan dan memahami kesalahan orang lain. Ia sangat menyukai keberadaan anak kecil dan suka memelihara binatang. Ia sangat akrab dengan alam, tetapi lebih suka mengurung diri di dalam rumah. Temperamennya kadang berubah-ubah, tak mungkin baginya untuk bekerja di bawah tekanan. Ia sulit bersikap objektif.
Penampilan luarnya seperti orang yang tampaknya pasrah dan “nrimo”. Kalau terperangkap dalam perdebatan, ia lebih suka menelan sendiri semuanya daripada harus mengeluarkan dan mencerca orang lain. ‘Gerakan tutup mulut’ terhadap apa pun akan membuahkan hasil lebih baik dibandingkan dengan membalas kata-kata makian. Ia memilih caranya sendiri.
Shio Kambing tak pernah memutuskan pertalian dengan sanak keluarga dan kerabatnya. Ia selalu pulang menjenguk ibu untuk sekadar mencicipi makanan yang kesukaannya. Ia tak pernah melupakan hari ulang tahun, perayaan perkawinan, atau seluruh peristiwa yang dianggap penting oleh kerabat dekatnya. Ia berusaha keras merayakan hari-hari khusus itu secara berlebihan. Ia sangat sensitif dan ingin agar sahabat dan orang terdekatnya mengingat hari-hari khusus yang sangat berarti baginya. Celakalah mereka yang tidak ingat hari ulang tahunnya atau tidak menjenguknya ketika sakit, Shio Kambing akan segera ‘terluka’ dan akan tetap mengingatnya sampai kapan pun.
Shio Kambing mudah cemas. Ia berharap orang lain akan mengenyahkan pikiran ruwetnya dengan bentuk berhatian. Harus selalu ada seseorang yang mampu membuatnya kembali riang gembira. Ia lebih cengeng kalau ada seorang mengetahui perasaan hatinya. Kemalangan dapat menyentuh hatinya dan ia tak mampu mengatasi kesulitan secara sederhana.
Kambing selalu berlebihan dalam hal membelanjakan uang, malah bisa “menghambur-hamburkan” uangnya. Pemilik Shio Kambing memiliki bakat untuk memanipulasi, licin, dan bisa mengubah setiap kelemahannya menjadi kekuatan. Ia tahu betul cara mendapatkan apa yang dikehendakinya melalui isyarat yang halus. Kesabaran dan keuletanny dalam “membobol benteng pertahanan” orang lain sangat menakjubkan. Ia mahir memohon sambil mengiba-iba, tetapi dengan emosi yang tidak kentara.
Shio Kambing dilahirkan bukan untuk menjadi pengambil keputusan. Ia cenderung hanya mengekor dan mengeluh. Anehnya, orang akan menyayanginya dengan tulus karena sifatnya yang dermawan. Penghargaan terhadap bakatnya akan membuat Shio Kambing dapat mengembangkan diri secara penuh. Ia akan berjuang mati-matian untuk memperoleh cinta, perhatian, dan pengakuan. Ia menyenangi bidang artisitik, hal yang menyangkut keindahan, dan seleranya sangat tinggi dalam menilai karya seni. Suasana hatinya akan dikuasai oleh lingkungannya. Ia dapat bekerja dengan optimal dalam ruangan yang terang, banyak ventilasi, dan berselera tinggi.
Shio Kambing yang antara pukul 23.00-01.00 adalah sosok yang oportunis, cekatan, emosional, suka memanjakan diri, mandiri, dan tak cepat patah semangat. Shio Kambing yang dilahirkan antara 01.00-03.00 adalah sosok pribadi yang memiliki daya tarik, wibawa, tepat waktu, konservatif, dan teguh pendirian. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah sosok pribadi yang tidak sabaran, kreatif, berjiwa pembaharu, temperamennya sering berubah-ubah, dan sulit diandalkan. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 sosok pribadi yang pandai, rendah hati, dermawan, dan tidak akan rela melibatkan diri dalam proyek yang membutuhkan pengorbanan yang besar. Shio Kambing kelahiran antara pukul 07.00-09.00 sosok pribadi yang memiliki tekad besar, berani, berkeyakinan, dan membutuhkan pujaan atau penghargaan. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 sosok pribadi yang berakal cemerlang, percaya diri, sanggup mengambil keputusan, dan mampu meredam emosi. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 sosok pribadi yang suka hura-hura, ekspresif, suka kemewahan, dan berkhayal. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok yang giat, responsif, suka mengandalkan orang untuk melakukan pekerjaan “kotor” baginya, punya banyak bakat, selalu khawatir, rewel, dan tak bisa mengambil keputusan. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 sosok pribadi yang condong bertindak mengikuti kata hati, percaya diri, dan mampu melihat hal-hal yang menyenangkan dalam hidup. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 adalah sosok yang memiliki ide-ide besar yang tak pernah terwujud menjadi uang, cerdas, punya potensi positif, dan mudah “digerogoti” kantongnya oleh orang lain. Shio Kambing yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok pribadi yang rasional, logis, dan lebih tabah menghadapi kenyataan. Shio Kambing yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok pribadi yang selalu siap membantu siapa pun ketika ditimpa musibah, tetapi sangat mengharapkan orang lain membalasnya ketika ia ditimpa musibah.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Kambing
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Kambing, yaitu Shio Kambing Logam, Kambing Kayu, Kambing Air, Kambing Api, dan Kambing Tanah.
a. Shio Kambing Logam
Shio Kambing Logam memiliki keyakinan terhadap diri sendiri dan benar-benar paham dengan kemampuannya. Ia mampu tampil berani, punya ego yang rapuh, dan mudah tersinggung. Kekuatan unsur logam dalam dirinya akan memperkuat selera artistiknya sehingga akan selalu mencari semua bentuk keindahan. Rumahnya selalu tertata harmonis dan seimbang. Ia sulit untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Shio Kambing Logam selalu ingin mencari aman, baik dalam kehidupan rumah tangganya maupun finansialnya. Ia tidak terlalu dermawan. Baginya, aktivitas sosial hanya terbatas pada mereka yang bisa dimanfaatkan. Penampilannya kalem dan suka menolong, tetapi emosinya labil dan sulit dikendalikan. Ia pribadi yang posesif, cemburu buta, dan terlalu melindungi segala hal yang dicintainya.

b. Shio Kambing Air
Shio Kambing Air terlihat sangat menarik sehingga banyak orang yang ingin menjadi temannya. Saat membutuhkan pertolongan, ia sanggup memanggil semua teman-temannya untuk membantunya. Ia memang bisa menjadi populer. Namun, pengetahuannya yang sempit, sikapnya yang lembek, dan suka menentang membuat Shio Kambing Air selalu membutuhkan seorang figur panutan. Dengan begitu, ia dapat menyelaraskan diri dengan figur panutannya. Ia mampu menampung ide-ide orang lain, tetapi akan berpegang erat pada ide-ide yang bisa dipatuhinya. Ia akan tersiksa sendiri apabila kehendaknya tidak diikuti orang lain.

c. Shio Kambing Kayu
Shio Kambing Kayu sosok yang bijak, humoris, santai, dan benar-benar mengerti keinginan orang lain. Ia sentimentil dan selalu berusaha menyenangkan hati orang lain. Ia murah hati dan tidak sembrono. Ia mempercayai sepenuh hati pada perkataan orang yang bisa dipercayainya dan akan mengabdikan seluruh hidupnya kepada orang tersebut. Ia terlalu cepat menyerah kalau diusik, bahkan rela berkorban demi menjaga perdamaian. Shio Kambing Kayu punya kecenderungan untuk berbakti kepada orang yang dicintainya. Boleh jadi, ia akan menampung banyak anak jalanan atau binatang tak bertuan yang harus diberi makan. Ia sama sekali tidak keberatan menunjang hidup orang lain, uang akan datang begitu saja ke hadapannya. Ia akan menerima bantuan keuangan atau warisan dari sumber-sumber yang tak terduga.

d. Shio Kambing Api
Shio Kambing Api sosok yang cekatan, berani mengikuti intuisinya, dan mampu mengambil inisiatif. Kreativitasnya terletak pada kesanggupan untuk mendramatisir sesuatu dan bukan menemukannya. Ia pandai mengeksploitasi kekuatan dan mengurangi kelemahan. Ia suka memanjakan diris endiri, tetapi juga senang menjamu orang secara berlebihan. Ia cenderung “membuang” uang tidak pada tempatnya dan kadang tidak dapat mengelola masalahnya sendiri. Unsur api menjadikannya lebih enerjik dan agresif. Ia mampu membela diri ketika perasaannya tersinggung. Ia juga mampu memperlihatkan keanggunan pribadinya yang memikat. Kadang kala, ia berambisi untuk menggapai sesuatu yang tak mungkin dan akhirnya merasakan pahitnya kekecewaan.

e. Shio Kambing Tanah
Shio Kambing Tanah sosok yang optimis dan bisa mengandalkan diri sendiri. Ia terikat pada kesetiaan yang tulus, terutama seluruh anggota keluarganya. Unsur tanah akan menjadikan pemikirannya cenderung konservatif dan serba berhati-hati. Ia tak suka menghambur-hamburkan uang, tetapi juga tidak pelit. Ia sangat suka bersantai, tetapi sangat giat bekerja. Ia sosok yang penuh tanggung jawab dan akan melaksanakan semua tugasnya, tetapi dengan caranya sendiri. Ia terampil dalam hal menyembunyikan emosinya, tetapi akan menjadi “histeris” dan membela diri mati-matian ketika dikritik.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio

5.   Shio Kelinci






58 Votes

Pandai dan Suka Jatuh Cinta

A. Karakter dan Sifat Dasar
Dalam mitologi Cina, Kelinci diyakini sebagai putra bulan yang melambangkan “umur panjang”. Menurut masyarakat Cina, di dalam bulan tampak terlihat Kelinci yang berdiri di dekat batu karang dan pohon Cassia sambil menggenggam “Ramuan Keabadian”. Pada pertengahan musim gugur dan bulan hampir purnama (sekitar hari ke-14), anak-anak akan menenteng lentera berbentuk Kelinci untuk mendaki bukit dan mengamati bulan. Mereka mengagumi bayangan Kelinci yang terlukis pada bulan. Kelinci adalah lambang keanggunan, kesopanan, kebijaksanaan, keramahan, dan keindahan. Menurut mereka, keberadaan Kelinci dan bulan hampir serupa dengan pemilik Shio Kelinci yang berbudi bahasa, memiliki nilai seni, sikapnya luwes, cekatan, jago diplomasi. Shio Kelinci dipandang cemerlang di bidang hukum, politik, dan pemerintahan. Shio Kelinci cocok menggeluti bisnis valuta. Insting bisnisnya tajam, ahli berdiplomasi, dan lihai berunding. Ia tahu kapan saatnya menghentikan kritik. Ia tidak suka membuat orang lain malu di muka umum. Ia terampil dalam menyelamatkan muka dan harga diri, baik harga dirinya maupun temannya.
Shio Kelinci menyukai kehidupan yang tentram, damai, tenang, dan menyenangkan. Namun, ada kalanya ia tampak murung. Pada waktu tertentu, ia seakan tersisih dari lingkungannya dan menjadi acuh tak acuh. Pribadinya merupakan perpaduan kontradiksi banyak sifat dan sulit ditebak. Shio Kelinci cenderung pembawaannya tenang, berbudi luhur, hangat terhadap orang, sopan, peka, dan waspada. Ia beranggapan semua orang di dunia dilahirkan sebagai orang baik sehingga ia akan menghadapi segala sesuatu dengan niat baik dan tulus. Ia tidak pernah menaruh rasa curiga kepada siapa pun. Ia sangat cinta kedamaian. Ia mampu bersikap netral, baik dalam pembicaraan maupun perbuatan. Oleh sebab itu, ia bisa berteman dan akrab dengan siapa pun. Pemikirannya sangat tajam dan matang, terutama menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Ia bersikap selalu hati-hati, tidak gegabah, dan atas dorongan hati. Walaupun tidak pernah menaruh rasa curiga, ia cukup paham apabila ada bahaya mengancam dan segera menyelamatkan diri. Tak salah dikatakan “Kelinci yang licik mempunyai tiga liang persembunyian untuk mengecoh musuhnya”. Ia pandai menyembunyikan tujuan untuk menyiasati lawan dengan kamuflase dan teka teki. Dari penampilannya, ia tampak lugu. Ia royal, murah hati pada teman, tetapi cuek bila disuruh untuk berkeluarga. Ia senang berpacaran dan bercinta, tetapi berusaha untuk menjauhi komitmen dan terikat. Ia akan terus “berlari” selama masih bisa menghindari sebuah komitmen yang mengikat. Baginya, berkeluarga adalah hal yang membosankan. Tidak salah bila kepala Kelinci dipakai sebagai simbol majalah Play Boy.
Shio Kelinci suka meremehkan pandangan oran, tetapi tidak tahan dengan kritik, konflik, apalagi pertengkaran. Ia suka mengutamakan kehendaknya. Shio Kelinci dapat bersikap lembut dan patuh terhadap orang yang dicintainya. Sebaliknya, ia bisa bersandiwara atau berpura-pura kejam terhadap orang yang dibencinya. Ia gampang sekali terganggu oleh hal-hal yang kurang menyenangkan di sekelilingnya. Padahal, ia termasuk pribadi yang penuh tenggang rasa, sederhana, dan bijak. Ia ingin agar orang lain pun bersikap sama. Ia percaya bahwa bersikap manis terhadap orang lain itu hal yang gampang, gratis, dan menyenangkan.
Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah pribadi yang cerdik, penuh kasih, dan berpengetahuan luas serta memiliki rasa simpati dan empati terhadap sesama. Shio Kelinci yang dilahirkan antara 01.00-03.00 adalah pribadiyang berwibawa dan memiliki kontrol diri yang baik. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah pribadi yang tenang, energik, tanggap, mampu berpikir secara cepat, dan agresif. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 adalah pribadi yang bijak, adil, dan memiliki bakat filosof yang luar biasa. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 adalah pribadi yang ambisius, berpendirian teguh, dan suka memerintah, tetapi tidak suka “mengotori tangannya” sendiri. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 adalah pribadi yang pemurung, suka merenung, intuitif, dan sangat peka pada lingkungannya.  Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 adalah pribadi yang periang, percaya diri, dan tidak mau kalah. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 adalah pribadi yang simpatik, murah hati, toleran, dan penuh cinta kasih, tetapi cenderung “besar pasak daripada tiang”. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 adalah pribadi yang ndablek, berkepala dingin, penuh kelakar, dan jago berdiplomasi. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 adalah pribadi yang berperasaan halus, pandai menilai sesuatu, dan bijaksana. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 adalah pribadi yang ramah, terus-terang mengutarakan pendapat, dan tidak egois. Shio Kelinci yang dilahirkan antara 21.00-23.00 adalah pribadi yang halus, suka membantu, dan tidak egois.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Kelinci
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Kelinci, yaitu Shio Kelinci Logam, Kelinci Kayu, Kelinci Air, Kelinci Api, dan Kelinci Tanah.
a. Shio Kelinci Logam
Shio Kelinci Logam lebih kuat secara fisik dan mental dibandingkan Shio Kelinci unsur lainnya. Ia tak suka berkompromi, asyik pada dunianya, komitmen pada cita-citanya, percaya diri, dan mampu memecahkan semua permasalahan pribadinya. Ia yang memiliki inisiatif dan tanggung jawab yang tinggi. Ia bisa saja menjadi licik, tetapi mampu menyembunyikan segala ambisinya dengan baik di balik logika dan keenceran otaknya. Ia tahu caranya menikmati hidup. Ia menyukai karya seni, baik musik maupun benda-benda bernilai seni. Ia pekerja keras dan sangat teliti sehingga karier apa pun yang dipilihnya akan bisa dijalankan dengan mulus. Namun, jiwanya yang romantis menyebabkannya bekerja atau berkarya tergantung mood. Ia akan menghasilkan karya terbaik pada saat muncul inspirasi dari dalam dirinya.

b. Shio Kelinci Air
Shio Kelinci Air tergolong individu yang sensitif, emosional, anti-kekerasan, dan cenderung menghindari rasa dengki, perbedaan pendapat, atau pertikaian. Ia pandai membaca pikiran dan perasaan orang lain. Ia memiliki daya ingat dan kekuatan batin yang luar biasa menakjubkan. Ia mudah tersinggung dan sering mengingat rasa kecewa atau perasaan terluka walaupun telah terjadi sekian lama. Kalau suasana hatinya buruk, ia sering mencurigai motivasi atau gerak-gerik orang lain. Kalau suasana hatinya sedang baik, ia berkenan membuka diri dan meminta bantuan kepada semua pihak.

c. Shio Kelinci Kayu
Shio Kelinci Kayu adalah sosok yang dermawan dan penuh pengertian, tetapi memiliki ambisi yang besar untuk sukses. Perlahan tapi pasti, ia mampu mendaki tangga keberhasilan. Usaha bersama dan kebersamaan akan memberinya rasa aman. Ia suka menjadi bagian dari suatu kelompok, tetapi ingin berdiri di pihak netral dan sangat menolak untuk mencampuri urusan orang lain. Ia mampu memilah-milah persoalan, kemudian mengambil langkah penting untuk mengisolasi diri. Shio Kelinci Kayu gampang menyesuaikan diri dalam bidang apa pun.

d. Shio Kelinci Api
Shio Kelinci Api adalah sosok yang demonstratif, periang, dan penuh kasih. Karakternya lebih kuat dibandingkan Shio Kelinci unsur lainnya. Temperamennya berapi-api dan emosinya cepat tersulut. Ia sangat sensitif, cepat naik darah, mudah tersinggung, dan sering merasa kecewa. Namun, ia mampu menyelubungi emosi yang sedang meledak-ledak dengan pesonanya yang jago berdiplomasi. Ia mampu mengemukakan pikirannya dengan baik dan mampu memimpin suatu kelompok secara bijak. Sikapnya moderat, ramah, tak mau berkonfrontasi langsung dengan lawan, dan lebih suka menggunakan mediator. Shio Kelinci Api memiliki intuisi tajam, jiwa kokoh, dan cepat menyadari perubahan. Ia butuh pengakuan, dukungan tulus dan inspirasi untuk menggapai sukses.

e. Shio Kelinci Tanah
Shio Kelinci Tanah selalu serius, mantap, memiliki pola pikir yang pasti, dan bertindak penuh perhitungan. Dia suka berpikir sebelum mengambil keputusan. Pribadinya seimbang, rasional, cita-citanya realilstis, dan agak kurang sabaran. Pembawaannya introvert dan mawas diri apabila dihadapkan pada sebuah masalah. Ia harus berdamai dulu dengan suara hatinya sebelum bertindak. Ia mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada secara bijak. Ia cenderung materialistis. Baginya, “kesejahteraan adalah di atas segalanya”.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio




6.   Shio Kerbau






19 Votes

Kuat, Berwibawa, dan Text Book

A. Karakter dan Sifat Dasar
Pribadi Shio Kerbau ibarat text book, yaitu sangat mudah ditebak. Atas dasar itu, Shio Kerbau sering dikatakan “kurang imajinatif”. Shio Kerbau adalah gambaran kekokohan, stabilitas, konsistensi, konvensional, patuh pada aturan, dan mapan. Shio Kerbau jujur tanpa pamrih, rajin, dan tenang seakan tanpa ekspresi menghadapi semua hal. Gerakannya lamban, tetapi bertenaga. Shio Kerbau berwawasan luas dan bisa menjadi seorang pendengar yang baik, tetapi sulit mengubah pendapatnya. Shio Kerbau terkesan sangat keras kepala dan cenderung berprasangka buruk. Shio Kerbau memahami segala kewajibannya dan percaya bahwa hanya dengan bekerja keras ia akan mencapai sebuah kesuksesan. Ia tidak percaya bahwa kesulitan bisa terurai hanya dengan menunggu nasih baik. Namun, hanya dengan tindakan nyata yang mampu mengubah keadaan, bukan nasib.
Sekali mengucapkan janji, Shio Kerbau pantang mengingkarinya. Opini publik tak banyak berarti baginya. Ia akan mengerjakan tugas yang sedang digarapnya dengan sepenuh hati sampai tuntas. Ia memiliki kesabaran yang tinggi, pekerja keras, dan tidak pernah bosan dengan rutinitas yang menjemukan.
Penampilannya rapi dan bersahaja, akalnya tajam, dan keras hati. Kecerdasan dan kecakapannya tersembunyi di balik penampilannya yang dingin dan pendiam. Sebenarnya, pemilik Shio Kerbau adalah orang yang introvert (berpikir ke dalam dirinya), tetapi mampu menjadi pembicara yang fasih dan bernada memerintah. Rasa percaya dirinya yang tinggi mampu membuatnya berjalan dengan kepala tegak. Karakternya cocok sebagai pemimpin yang bertanggung jawab, tetapi tidak cocok berhubungan dengan orang banyak. Ia mampu menyusun urutan prioritas secara jelas, mana prioritas penting dan mana prioritas berikutnya. Ia terbiasa mengerjakan hal yang penting terlebih dahulu daripada hal tambahan. Dan, ia selalu patuh pada prinsip priorias yang telah ditetapkannya. Ia menerapkan pemikiran berdasarkan logika, tetap cermat, dan teliti walaupun terganggu dengan urusan lainnya. Ia tidak mengenal adanya inovasi atau manuver dalam hal pekerjaan. Keluhuran budi dan moralnya yang tinggi akan mencegahnya untuk menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan. Hal inilah yang bisa dianggap sebagai kekuatan, sekaligus kelemahan pemilik Shio Kerbau. Ia selalu menuntut kesempurnaan dan tidak ada kata toleransi sekalipun kepada orang-orang terdekatnya. Ibarat “mencari tulang di dalam telur”, Shio Kerbau selalu terpancing untuk mencari kesalahan orang lain.
Ketika kepentok dengan urusan asmara, seringkali Shio Kerbau akan menjadi gagu. Ia sangat tidak paham dengan rayuan cinta yang mendayu-dayu perlu ada upaya keras untuk membangkitkan rasa romantisme pada diri Shio Kerbau. Butuh waktu baginya untuk mengembangkan hubungan yang intim atau mengungkapkan perasaan kepada orang yang dicitainya. Namun, rasa cinta atau benci akan tergambar jelas dari sorot matanya yang tajam. Shio Kerbau yang cenderung tradisional membutuhkan waktu yang lama untuk membina hubungan yang serius. Laki-laki Shio Kerbau adalah tipe petarung atau ksatria sejati, tetapi sekejap akan menjadi gagu dan (maaf) tampang bego ketika akan menyatakan perasaannya kepada kekasihnya. Shio Kerbau bukan tipe pacar ideal, tetapi sangat cocok menjadi suami idaman yang setia dan penuh tanggung jawab.
Ia tidak bisa menyembunyikan rasa tidak suka kepada seseorang. Baginya, “Tidak suka, ya tidak suka!”. Meski demikian, apabila orang yang tidak disukainya mengalami kesulitan (apalagi temannya sendiri), secara spontan ia akan menjadi orang pertama yang akan menolongnya. Walaupun ia mengetahui bahwa orang yang akan ditolongnya itu tidak akan pernah menghargai bantuannya.
Lagak-laguk Shio Kerbau seperti pepatah “alon-alon asal kelakon”. Reaksinya sangat pelan, bahkan terkesan lamban. Ekspresinya yang dingin melahirkan kesan misterius. Padahal hatinya semurni emas. Kalau amarah Shio Kerbau memuncak, tidak ada satu pun orang yang bisa mendekatinya, sekalipun kekasihnya. Ia sosok yang tidak mudah dibujuk dan pikirannya cenderung sempit (picik). Sifatnya kurang taktis dan terlalu militan. Dalam situasi sulit sekalipun, Shio Kerbau enggan meminta bantuan kepada orang lain.
Shio Kerbau yang lahir pada siang hari akan lebih agresif dan aktif dibandingkan Shio Kerbau yang lahir pada malam hari. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 cenderung berperasaan halus, lebih supel, komunikatif, tidak pelit (tetapi selalu perhitungan pada pengeluarannya), tidak mudah melupakan rasa kecewanya, dan agak pendendam. Shio Kerbau yang dilahirkan antara 01.00-03.00 memiliki sifat yang sangat disiplin. Siapa saja yang melanggar aturan “satu inci saja”, ia akan segera memperingatkan. Selain itu, ia memiliki kontrol diri dan dedikasi yang sangat tinggi. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 cenderung lincah dan tegas, tetapi agak berangasan. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 cenderung teguh pendirian, konsisten, diplomatis, dan bijak. Selain itu, ia memiliki perasaan yang halus, suka mengumpulkan benda seni atau barang antik, dan sangat membenci pekerjaan yang melelahkan. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 cenderung memiliki potensi besar untuk mencapai segala ambisinya. Sayangnya, ia kurang fleksibel dan agak menentang aturan. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 relatif agak misterius, sulit dinasihati, suka menyendiri, dan sifatnya agak licik. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 cenderung periang, penuh gaya, suka dugem, dan gila pesta. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 cenderung memiliki hati yang lemah lembut, toleran, mau menerima pendapat orang lain, menyukai hal-hal artistik, berjiwa bisnis, dan mampu memanfaatkan bakatnya secara tepat. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 cenderung cerdik, jenaka, dan kurang serius menjalani hidup. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 cenderung dinamis, bertanggung jawab, lebih memilih jalan diplomasi daripada konfrontasi, dan memiliki perangai campuran antara seorang tentara dan pendeta.  Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 cenderung moralis sejati yang membosankan, mau mendengarkan pendapat orang lain, dan tidak suka berprasangka buruk. Shio Kerbau yang dilahirkan antara 21.00-23.00 tergolong orang yang penuh kasih sayang dan giat bekerja, tetapi suka menuntut dan cenderung konservatif.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Kerbau
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Kerbau, yaitu Shio Kerbau Logam, Kerbau Kayu, Kerbau Air, Kerbau Api, dan Kerbau Tanah.
a. Shio Kerbau Logam
Shio Kerbau Logam seringkali punya kemauan yang bertentangan dengan orang banyak. Ia mengekspresikan perasaannya dengan jelas, tegas, penuh keyakinan, dan tidak pernah ragu pada sesuatu hal yang diinginkannya. Ia berpegang teguh pada pendapatnya, apa pun risikonya. Pembawaannya memang kurang mesra dan relatif pendiam, tetapi ia termasuk orang yang intelek, suka musik, dan seni klasik. Ia cenderung memaksakan keinginannya. Ia dapat menjadi seorang yang sangat fanatik pada sebuah aturan. Sikapnya yang keras dan angkuh membuatnya tidak kenal dengan kata ‘Gagal’. Stamina tubuhnya pun sangat mengagumkan. Ia sanggup mengerjakan sesuatu hal sampai ‘siang-malam’ asalkan pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Ia pun tergolong pendendam ketika keinginannya tidak terpenuhi atau ada seseorang yang merintangi hidupnya.

b. Shio Kerbau Air
Shio Kerbau Air cenderung bersifat realistis daripada idealis. Ia tergolong orang yang penyabar, praktis, dan efisien, tetapi sangat berambisi mendapatkan keinginannya. Ia memiliki ketajaman dalam menilai atau menempatkan segala sesuatu pada proporsinya. Shio Kerbau Air sangat menghargai waktu. Ia juga memiliki sikap yang lebih luwes dan terbuka dibandingkan dengan Shio Kerbau unsur lainnya. Meski tidak menyetujui sebuah metode baru, ia tidak keberatan untuk mengikuti atau sekadar mencoba metode tersebut. Ia bisa bekerja sama tanpa kesulitan, asalkan rekan kerjanya tidak terlalu banyak menuntut. Ia mampu memusatkan perhatian lebih dari satu tujuan sekaligus. Shio Kerbau Air termasuk pribadi yang sabar, tenang, dan berkemauan keras.

c. Shio Kerbau Kayu
Shio Kerbau Kayu cenderung fleksibel dan tepo seliro. Reaksinya lebih cepat dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya. Ia bisa sopan dalam pergaulan dan segala kondisi. Ia sosok yang menjunjung tinggi keadilan dan sangat objektif menilai sesuatu. Meski terlihat luwes, mau menerima pandangan baru, dan progresif, tetapi sebenarnya seorang yang berpikiran konservatif sehingga ia pun rela mengalah demi sebuah kebersamaan.

d. Shio Kerbau Api
Shio Kerbau Api sangat mudah dibakar rasa amarah. Ia sangat bernafsu meraih kekuasaan dan kemasyuran. Ia memiliki kontrol diri yang hebat, tetapi cenderung temperamental. Ia lebih kuat dan angkuh dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya, kecuali Shio Kerbau Logam. Ia cukup materialistis, superior, dan cenderung meremehkan orang lain. Ia termasuk sosok yang objektif, terus-terang, dan bicara blak-blakan, tetapi bisa bersikap sangat kasar kepada orang yang menentangnya. Unsur Api di dalam dirinya dapat mengubahnya menjadi seorang militan. Ia cenderung terlalu tinggi menilai kemampuannya dan acap kali tidak sabaran. Kadang-kadang, ia tak mau bertenggang rasa terhadap orang lain walaupun sebenarnya ia termasuk orang yang jujur, adil, dan tak suka mengambil keuntungan dari orang lain. Ia bisa menjadi orang yang sangat protektif, terutama untuk sesuatu yang dicintainya.

e. Shio Kerbau Tanah
Shio Kerbau Tanah cenderung tahan banting dan memiliki rasa kesetiaan yang tinggi, tetapi kurang kreatif dibandingkan dengan Shio Kerbau unsur lainnya. Ia tahu batas kemampuannya dan menyadari kekurangannya. Ia termasuk orang yang praktis, giat, dan bersedia melakukan apa pun saja untuk mencapai kesuksesan. Ia lebih menyukai usaha praktis dan bermutu. Ia mencari ketentraman dan kemapanan dalam hidup sehingga membuatnya tidak segan-segan untuk giat bekerja. Ia sanggup memperlihatkan kasih sayangnya yang tulus, setia, dan terus terikat pada seseorang yang dicintainnya. Dan, itu hampir serupa dengan rasa kesetiaannya dalam memegang prinsip hidupnya. Ia tergolong individu yang tabah dan sanggup menanggung penderitaan tanpa rasa mengeluh. Reaksi Shio Kerbau Tanah relatif lebih lamban dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya, tetapi justru ia yang paling mantap di antara Shio Kerbau unsur lainnya.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio



7. Shio Kuda



(Petualang Sejati dan Cinta Kebebasan)

A. Karakter dan Sifat Dasar
Sesuai mitos masyarakat Cina, kuda dipandang sebagai binatang yang memiliki daya tahan sangat menakjubkan, mampu bekerja keras, dan memikul beban yang amat berat. Dan, Shio Kuda mewarisi kekuatan tak kenal lelah sebagai seekor kuda. Pemilik Shio Kuda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tak kenal lelah, dan cinta akan kebebasan. Tak ada yang bisa mengekangnya, ia pribadi yang bebas, bahkan sekalipun orang tuanya sendiri. Shio Kuda memiliki keangkuhan yang pelik, punya ketajaman insting alami, pantang menyerah, dan mampu mengatasi kesulitan apa pun. Pemilik Shio Kuda sangat berbakat untuk menjadi atlet handal karena fisiknya yang tegap, tangkas, enerjik, dan stamina yang luar biasa. Gayanya luwes, refleksnya spontan, dan gaya bicaranya cepat.
Ia mampu membuat keputusan dengan cepat meski emosinya sedang labil. Ia tak mau tunduk pada norma. Sosok yang mandiri, optimis, dan suka humor. Ia suka melakukan tindakan “gila” untuk menarik perhatian, memamerkan diri, dan memikat orang lain dengan pesonanya. Ia sangat ringan tangan tak ragu-ragu membantu. Ia percaya dunia akan indah bila orang mau memberi sedikit kasih sayang. Dan, ia memulainya terlebih dahulu.
Ia memimpikan pernikahan bahagia, dan rela meninggalkan segalanya demi cinta yang menggebu-gebu. Bila putus cinta, hidupnya kosong dan hilang rasa percaya diri, tetapi terlalu angkuh untuk mengakuinya. Tak jarang dia mungkin akan memilih jalan “bunuh diri” dengan cara tragis.
Shio Kuda suka bergaul dan pandai bicara, padahal ia sedikit sombong dan suka menyendiri. Ia suka memandang rendah lawan bicaranya. Kekurangan Shio Kuda adalah meninggalkan masalah begitu saja dan melarikan diri dari tanggung jawab.
Ia menyenangi keramaian dan tak pernah ketinggalan kalau ada pawai atau sebangsanya. Ia senang menyanjung, juga disanjung. Ia terampil dalam bisnis dan bercinta. Shio Kuda pandai membaca situasi dan memanfaatkan orang, maupun kejadian demi kepentingannya. Kalau suasana hatinya buruk, ia hanya mau tunduk pada dorongan hatinya. Temperamennya mudah terbakar, meski ia bisa dengan cepat meredam amarahnya. Ia cenderung mengajak orang bertindak cepat, seefisien dirinya. Ia senang menuntut, tetapi hanya mau sedikit berkorban, terutama menyangkut kebebasannya. Tak jarang, ia dianggap “kekanak-kanakan” karena pikirannya yang terlalu sempit.
Kuda menginginkan segalanya berjalan sesuai keinginannya. Egonya menginginkan rumah tangga dan lingkungannya berputar mengelilinginya sebagai pusatnya. Dengan keahliannya membujuk, ia akan sanggup membelokkan jalan pikiran orang lain dan mengikuti jalan pikirannya. Motto hidupnya adalah “hidup, kebebasan, dan hak untuk mengejar kebahagiaan”. Dan ini hanya berlaku bagi dirinya sendiri. Bila kebetulan orang lain menganut motto yang sama, ia tidak menghalangi, tetapi juga tak mau tahu.
Ia tahu persisi ke mana harus mencari rezeki. Ia tak akan mengikat kontrak sepihak, kecuali kalau sudah yakin dan percaya dengan pihak tersebut. Ia punya banyak teman, tetapi tidak terlalu mengandalkan teman-temannya. Ia juga cepat sekali kehilangan minat.
Orang Cina percaya bahwa nafsu kuda sangat besar. Nafsu besar itu akan menjadi berlipat ganda pada diri Shio Kuda Api. Namun, itu bukan hal yang buruk. Ia malah beruntung karena bisa mengangkat derajat sendiri lewat hal-hal yang baik maupun yang kurang baik. Namun, kemasyhuran dan keberuntungan Shio Kuda Api, serupa dengan Shio Kuda lain, seringkali tidak membawa manfaat bagi kerabat dekatnya, khususnya kalau mereka meninggalkan rumah sejak usia muda. Leonid Bresney dan Raja Faisal dari Arab Saudi adalah dua contoh pemiliki Shio Kuda Api.
Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 sosok pribadi yang ceria, penuh kasih sayang, mudah diajak berteman, dan pandai mencari atau menyimpan uang. Shio Kuda yang dilahirkan antara 01.00-03.00 sosok pribadi yang serius, tekun, dan tak mudah jatuh cinta. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 sosok pribadi yang berani, terampil, dan memiliki firasat yang luar biasa untuk menghindarkan diri dari kesulitan. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 adalah sosok pribadi yang tidak terlalu berlebihan dalam bertindak, cita rasanya berkualitas tinggi, dan agak “kasar”. Shio Kuda kelahiran antara pukul 07.00-09.00 adalah sosok pribadi yang berambisi besar untuk menang, cenderung lari dari masalah, terlalu liar untuk dikendalikan, dan agak over acting. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 sosok pribadi yang agak lamban, tetapi mampu meraih kesuksesan. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 adalah sosok pribadi yang benar-benar paham akan kemampuannya, selalu resah, tak bisa diam, sombong, dan temperamennya berubah-ubah, tetapi pembawaannya tetap anggun. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok pribadi yang selalu bergaya harmonis, welas asih, agak genit, dan suka berfoya-foya. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 adalah sosok pribadi yang gesit, banyak akal, egois, memiliki “daya gebrak” fantastis, pembicara yang fasih, dan pandai berkelit. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 sosok pribadi yang tangkas, ceria, pengertian, berani, dan tak pernah khawatir ataupun gentar. Shio Kuda yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok pribadi yang setia, jujur, praktis, luwes, dan berotak tajam. Shio Kuda yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok pribadi yang mantap, mampu bekerja sama, tulus, bertemperamen stabil, giat bekerja, dan cepat merasa puas.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Kuda
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Kuda, yaitu Shio Kuda Logam, Kuda Kayu, Kuda Air, Kuda Api, dan Kuda Tanah.
a. Shio Kuda Logam
Shio Kuda Logam adalah sosok pribadi yang populer, tak bisa diam seperti cacing kepanasan, sulit diatur, demonstratif, sangat berani, dan sering bertindak mengikuti kehendak hati. Ia juga sangat menawan bagi lawan jenis. Ia dikaruniai otak kreatif dan intuisi hebat dan sangat produktif ketika suasana hati sedang baik. Rasanya sulit untuk mengikuti langkahnya, sebab gairahnya tak terbendung untuk bergerak ke mana pun setiap waktu. Shio Kuda Logam lebih keras kepala dan memusatkan perhatian pada diri sendiri dibandingkan dengan sesama Shio Kuda unsur lainnya. Ia punya banyak ide, tetapi bukan tipe pemimpin yang mantap. Ia pribadi yang kurang bertanggung jawab, terlebih ketika pekerjaan yang dilakukan tak memberinya kepuasan batin ataupun imbalan yang sepantasnya. Ia tidak tahan dengan rutinitas yang menjemukan. Dan, tak akan bisa bekerja optimal di bawah pengawasan yang ketat. Ia selalu haus tantangan dan pengalaman baru.

b. Shio Kuda Air
Shio Kuda Air sosok pribadi yang periang, necis dan pandai memadukan corak ketika berbusana, memiliki jiwa bisnis, dan agak egois. Ia pandai menyesuaikan diri dengan segala perubahan. Shio Kuda Air cenderung merasa sering resah atau risau (entah apa yang dirisaukannya) dibandingkan Shio Kuda unsur lainnya. Ia pengelana dan olahragawan jempolan, tetapi suka berleha-leha dan berubah pikiran tanpa sebab. Ia humoris dan tidak canggung membicarakan topik apa pun.

c. Shio Kuda Kayu
Shio Kuda Kayu sosok pribadi yang bersahabat, penyabar, mampu bekerja sama, berpikiran jernih, dan sistematis. Shio Kuda Kayu punya watak riang dan cenderung “hiperaktif” dalam segala hal, terutama kegiatan sosial. Ia bisa tampil sebagai pembicara yang lucu dan pandai. Ia tidak terlalu egois dan sedikit low profile. Ia tak akan mau berkompetisi hanya karena ingin terkenal. Ia progresif, modern, dan tak terlalu sentimentil. Perubahan dan penemuan baru sangat merangsang imajinasinya. Ia tak gentar untuk mencoba hal-hal yang dianggap melanggar nilai tradisi.

d. Shio Kuda Api
Shio Kuda Api menyandang unsur Api ganda karena Api juga merupakan elemen dasar Kuda. Karena itu, sosok pemilik shio in mudah terangsang dan bertemperamen panas. Pemilik Shio Kuda Api suka bertualang, gemar bepergian, dan mampu tampil sebagai pembicara yang cemerlang. Ia memiliki kecerdasan yang tinggi dan daya tarik bak sebuah magnet. Ia mencoba mewujudkan perubahan yang didambakannya lewat paksaan dan tekad baja. Ia gampang beralih perhatian dan sama sekali tidak bisa menekuni tugas rutin. Ide gemilang dapat membuatnya goyah, pribadinya bercabang. Ia mampu mengemban berbagai tugas sekaligus, tetapi sangat sulit untuk menerima nasihat, bahkan nasihat dari atasannya sekalipun. Ia pandai berdebat, dapat berhubungan dengan banyak orang, dan mampu memahami situasi dalam waktu sekejap. Ia dikaruniai kecerdikan dan beragam potensi, tetapi kurang gigih untuk memperjuangkannya.

e. Shio Kuda Tanah
Shio Kuda Tanah sosok pribadi yang periang, menyenangkan, dan lebih menghargai waktu, tetapi agak lamban. Ia memiliki pikiran yang logis, tetapi kesulitan dalam hal mengambil keputusan. Ia suka mengkaji permasalahan dari segala segi sebelum bertindak. Ia tenang dan tidak terburu-buru. Ia dapat bersikap mantap dan belajar mematuhi peraturan. Ia pandai menyesuaikan diri dan punya kemampuan untuk mencium bidang-bidang baru yang masih mungkin dimanfaatkan sebagai lahan penanaman modal. Bahkan, ia dapat menjalankan kembali bisnis yang sudah goyah mulai dari awal lagi. Ia suka mengamati sebelum bertindak, tetapi pendiriannya sering tak menentu terhadap hal-hal sepele. Ia pandai menghindar dari kesulitan, tetapi suka menangani sesuatu hal di luar batas kemampuannya.



Karakter Anak yang Lahir di Tahun Kuda Kayu




KOMPAS.com - Tahun baru Imlek bukan hanya sekadar tentang merayakan awal kalender Lunar dan menandai berawalnya tahun kuda kayu. Namun, perayaan tahun baru ini juga tentang merayakan semua orang yang lahir di tahun ini.

Menurut zodiak Cina, setiap tahun memiliki elemen dan pengaruh hewan. Dan karakter hewan ini dipercaya akan mempengaruhi kepribadian seseorang. Jika bayi Anda diperkirakan akan lahir antara tanggal 31 Januari 2014 dan 18 Februari 2015 dalam naungan kuda kayu, maka anak-anak ini diperkirakan memiliki karakter sebagai berikut.

1. Kepribadian
Kuda dikenal karena memiliki kemampuan yang keras, cerdas dan energik. Mereka juga akan memiliki kepribadian yang ramah dan termasuk golongan orang yang suka hangout. Mereka sangat menimati acara-acara seperti konser dan teater, karena mereka sangat suka berada di keramaian. Kuda juga memilii banyak ambisi namun mereka juga sedikit memiliki ego.

Dari semua jenis kuda yang ada dalam penanggalan Cina, kuda kayu dianggap yang paling baik. Kuda pada umumnya dikenal tidak sabar, namun kuda kayu ternyata orang yang lebih disiplin, memiliki kehidupan sosial yang aktif dan pembicara yang baik.

2. Kekuatan
Orang yang lahir ditahun kuda kayu adalah orang yang pintar dan baik. Mereka cukup populer di kalangan teman-temannya dan sering menjadi pusat perhatian. Secara umum mereka ambisus dan berbakat.

3. Kelemahan
Orang-orang yang lahir di tahun ini memiliki sifat yang keras kepala dan tak sabaran. Mereka juga tidak terlalu mendengarkan nasihat orang lain.

4. Nasihat untuk orangtua yang memiliki bayi yang lahir di tahun kuda kayu
Menurut The Handbook of Chinese Horoscopes Kebanyakan orangtua mungkin akan merasa kesal karena anak-anak ini nantinya punya karakter yang keras, sulit nurut, keras kepala, suka merengek dan cengeng.

Untuk bisa mengendalikan anak-anak ini, orangtua dianjurkan untuk belajar lebih disiplin ketika mereka mengasuh anak. Orangtua harus belajar mengendalikan keinginan dan dorongan mereka terhadap anak-anaknya. Meski orangtua disarankan untuk tidak memberi anak-anaknya banyak kebebasan, namun perlu diingat juga anak yang terlalu dikekang bisa membuatnya jadi pemberontak.






8.   Shio Macan






53 Votes

Gagah dan Menarik Perhatian

A. Karakter dan Sifat Dasar
Menurut kepercayaan masyarakat Cina, simbol Macan melambangkan kekuasaan dan keperkasaan. Macan adalah binatang petarung, gigih, dan tidak kenal takut. Shio Macan serupa dengan sifat asli macan. Ia selalu muncul pada saat yang tepat dengan pesona dan kejutan. Dorongan hati dan semangatnya membius sekaligus merangsang. Ia membangkitkan semangat orang sekelilingnya. Shio Macan senang memikat dan menjadi pusat perhatian.
Shio Macan tidak bisa berdiam diri, tetapi mudah curiga dan sulit mempercayai orang lain. Shio Macan sangat temperamental, tulus, penuh kasih sayang, murah hati, dan memiliki selera humor yang menakjubkan. Pemilik Shio Macan sangat mencintai anak kecil, binatang, musik jazz, atau apa saja yang bisa memancing imajinasinya. Jika terlibat dalam sesuatu hal, ia akan terjun atau terlibat secara total. Ketika Shio Macan sedang mengagumi sesuatu, bahkan bernafas pun akan dinomorduakan. Dalam bertindak, ia tidak pernah setengah hati. Shio Macan bisa dipercaya 100%.
Kenyakan Shio Macan menggeluti kehidupan seni sejak usia muda, mulai yang keranjingan hidup betualang, menyukai roman asli Perancis, melukis, penyanyi solo atau band, ataupun aktor. Selain optimis, Shio Macan tidak terlalu materialistis dan memedulikan keamanannya. Seringkali, pemilik Shio Macan bertindak berdasarkan dorongan hati, mengekspresikan keinginan diri, menegaskan identitas, atau menciptakan kepribadian yang berbeda dengan kelaziman. Di mata orang awam, penampilan Shio Macan terlihat agak norak. Namun, 9 dari 10 orang cenderung akan menyokongnya, meski sambil menggelengkan kepala sekaligus menahan nafas menyaksikan aksi ‘gilanya’.
Dalam keadaan normal, orang bershio Macan terlihat ceria, terbuka, optimis, hangat, humoris, dan bahkan romantis. Ia bisa melucu, bisa juga sangat mesra, atau bahkan bisa menjadi seorang pemarah yang sangat sentimentil. Namu, ia punya kecenderungan posesif. Dan, kalau kesal atau ‘jatuh’, ia sangat membutuhkan ‘segerobak’ simpati dari teman-teman dekatnya. Jangan pernah berdebat siapa yang benar dan siapa yang salah di depan pemilik Shio Macan. Baginya, logika sama sekali tidak berarti apa-apa. Jangan segan-segan untuk menghiburnya. Ia akan melakukan hal yang sama dua kali lipat ketika keadaanya sudah membaik. Ia suka mendengarkan kata-kata atau nasihat bijak, tetapi bukan berarti ia akan mengikutinya. Tidak peduli seberapa kalut pikirannya, seberapa dalam kekecewaannya, atau seberapa kuat tekanan mengepungnya, orang bershio Macan tidak akan pernah patah semangat. Rasanya, ada energi hidup yang selalu berkobar di dalam diri Shio Macan.
Shio Macan mempunyai ego yang besar. Dunianya tidak lepas dari gelimang uang, kekuasaan, dan ketenaran. Pada masa mudanya, Shio Macan habis-habisan mengejar sukses dan mewujudkan mimpinya. Ketika usianya memasuki senja, ia tetap tidak rela untuk berpangku tangan. Staminanya seakan tak pernah habis untuk melakukan hal-hal menantang yang belum sempat dilakukannya. Ia mencintai kehidupan dengan mereguk isinya hingga puas. Kehidupan Shio Macan memang berubah-ubah, diwarnai tawa, air mata, sakit hati, kegembiraan, putus asa, dan kecamuk emosi. Ia sama sekali tidak mau dikasihani. Kelemahan Shio Macan adalah sikap terburu-buru dalam mengambil keputusan.
Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah pribadi penuh kasih, tetapi temperamental dan sedikit ‘aneh’, yaitu seringkali memulai pertengkaran atau konflik hanya untuk merasakan nikmatnya berbaikan kembali. Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 01.00-03.00 memiliki sifat kombinasi antara berkemauan keras dan pemarah. Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah pribadi berangasan, senang memicu pertengkaran, sangat bersemangat, dan seringkali temperamennya berubah-ubah, tetapi sangat menawan. Shio Macan yang dilahirkan pukul 05.00-07.00 adalah pribadi tenang, tetapi emosinya meledak-ledak. Shio Macan yang dilahirkan pukul 07.00-09.00 adalah pribadi yang bersemangat mencapai target tertinggi dan mampu menjadi pemimpin yang baik. Shio Macan yang dilahirkan pukul 09.00-11.00 adalah pribadi yang mampu mengontrol emosi ketika amarahnya meledak-ledak dan jago berdiplomasi. Shio Macan yang dilahirkan pukul 11.00-13.00 adalah pribadi yang praktis, logis, dan mampu memprediksi segala risiko sebelum bertindak, tetapi agak urakan, lepas tanpa terkendali, dan kurang bertanggung jawab. Shio Macan yang dilahirkan pukul 13.00-15.00 adalah pribadi yang tenang, suka mengamati, dan artistik, tetapi sangat posesif. Shio Macan yang dilahirkan pukul 15.00-17.00 adalah pribadi yang cerdik dan bertenaga. Shio Macan yang dilahirkan pukul 17.00-19.00 adalah pribadi yang menarik dan atraktif. Shio Macan yang dilahirkan pukul 19.00-21.00 adalah pribadi yang berpikiran positif, mampu bekerja sama dalam tim, dan fair play, tetapi ucapannya sering menyakiti hati. Shio Macan yang dilahirkan pukul 21.00-23.00 adalah pribadi yang gemar menuruti kata hati, akan segera puas ketika telah mendapatkan keinginannya, dan berusaha keras untuk menyenangkan keluarga atau teman-teman terdekatnya, tetapi relatif agak sensitif, perasa, dan pendendam.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Macan
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Macan, yaitu Shio Macan Logam, Macan Kayu, Macan Air, Macan Api, dan Macan Tanah.
a. Shio Macan Logam
Shio Macan Logam cenderung tidak bisa diam atau ‘malu-malu kucing’. Ia tergolong pribadi yang aktif dan penuh gairah. Ia sama sekali tidak memiliki jiwa artistik, tetapi pribadinya sangat mengesankan. Ia selalu memusatkan perhatian pada diri sendiri dan suka berlagak, suka berkompetisi, dan tak kenal lelah. Ia sosok yang radikal, tidak pernah ragu mencapai tujuan yang telah ditetapkannya. Persoalan utamanya adalah ia menginginkan terlalu banyak hal dalam waktu bersamaan, seringkali targetnya meleset. Kendati demikian, ia tetap optimis, sigap, dan berpandangan luas. Shio Macan ini cenderung dramatis dan mudah dipengaruhi menjadi orang baik atau bahkan menjadi pengacau dan penjahat. Ia menyukai kebebasan dan tidak mau dikekang.

b. Shio Macan Air
Shio Macan Air berjiwa terbuka, kaya ide, dan selalu mencari-cari pengalaman baru. Ia pribadi yang onjektif, tenang, humanis, dan mampu menyelami perasaan orang lain. Ia intuitif, dan mampu berkomunikasi. Kemampuan berpikirnya jauh lebih unggul dibandingkan Shio Macan unsur lainnya.

c. Shio Macan Kayu
Shio Macan Kayu memiliki sifat sangat toleran, tepo seliro, dan mampu menilai beberapa kondisi tanpa memihak pihak mana pun. Pandangannya demokrat dan memahami pentingnya arti sebuah kerja sama. Ia mampu bergaul dengan segala lapisan, pandai menarik simpati teman atau pendukung, dan mampu mendamaikan pihak yang berselisih. Namun, ia egosentris. Shio Macan Kayu paling jarang ‘meraung’ dibandingkan Shio Macan unsur lainnya, tetapi ia sering lengah pada bahaya yang mengintai. Ia gesit dalam membagi tugas, terampil memberi perintah, dan menyatukan banyak suara untuk satu tujuan. Ia tidak terlalu ngoyo, tetapi tidak mau mengakui keterbatasan dirinya. Semua Shio Macan memang tidak sanggup menghadapi kritik. Bahkan, ia pun tidak peduli dengan seberapa konstruktif kritik tersebut disampaikan oleh orang lain kepadanya.

d. Shio Macan Api
Shio Macan Api merupakan sosok yang penuh semangat dan tidak pernah kehabisan tenaga. Ia selalu siap beraksi, bepergian, atau tidak betah berlam-lama menekuni satu pekerjaan. Waktu baginya adalah sekarang. Ia sosok yang mandiri, tetapi sulit ditebak dan tidak segan melanggar tradisi. Begitu ia bertindak, hampir selalu dramatis dan berpengaruh. Api membuatnya lebih ekspresif. Terkadang, ia suka bersandiwara atau memamerkan bakat kepemimpinannya yang lebih kuat dibandingkan Shio Macan unsur lainnya. Ia pribadi optimis sejati seolah “dunia tidak akan pernah kiamat”.

e. Shio Macan Tanah
Shio Macan Tanah pembawaannya lebih tenang dan bertanggung jawab. Ia pandai mencari peluang dan tidak tergesa-gesa dalam hal mengambil keputusan. Ia pribadi yang dewasa dan bijak. Ia juga mau memerhatikan kepentingan dan nasib orang lain. Shio Macan Tanah lebih mantap daripada Shio Macan unsur lainnya. Ia adalah pekerja giat, objektif, dan selalu tenang ketika menghadapi masalah. Pikirannya jernih, mampu melihat masalah dalam proporsi yang sebenarnya, dan tidak membiarkan emosi menghalangi pandangannya. Shio Macan Tanah paling terampil menjalin hubungan berdasarkan daya tarik pribadi atau seksual. Ia penuh perhitungan, tidak sekadar nekad atau berani mati. Terkadang, jiwanya terlalu soombong, tidak sensitif, dan bahkan tidak berperasaan, terutama pada saat memikirkan kepentingannya sendiri. Berbeda dari Shio Macan unsur lainnya, Shio Macan Tanah tidak urakan dan tidak suka bertualang. Ia senantiasa memacu diri hingga mampu meraih keberhasilan. Namun, setelah semuanya direngkuh, biasanya Shio Macan Tanah akan mulai bertingkah radikal, menciptakan skandal, atau membuat sensasi agar menjadi perhatian publik.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio



9.   Shio Monyet






46 Votes

(Pintar dan Jahil)
A. Karakter dan Sifat Dasar
Shio Monyet paling cerdas di antara semua shio. Ia lincah tak bisa diam, humoris, jenaka, menyenangkan hati, dan mampu memperdayai siapa pun. Ia mahir memperhitungkan dan mengelak dari bencana dan mudah memasang perangkap hingga musuh tak berdaya. Ia pemberani, tanpa perhitungan, lepas bebas tak terkendali, dan penuh vitalitas. Shio Monyet tak kenal bahaya, bertindak sesuka hati, cerdik dan mahir berbisnis. Ia selalu tahu gejolak pasar dan mampu membaca pikiran pelanggan. Tak heran, hidupnya cenderung berkecukupan. Bisnis, politik atau militer dan beberapa bidang lainnya cocok digeluti Shio Monyet.
Bagi Shio Monyet, peraturan dibuat untuk dilanggar dan penemuan baru tercipta untuk dikalahkan yang lebih baru lagi. Shio Monyet jarang patah semangat dan mudah menyerah oleh kesuksesan orang lain. Shio Monyet akan berusaha lebih baik, optimis, dan energik daripada yang dilakukan oleh orang lian. Ia suka olahraga, sayang pada anak-anak tapi kadang kekanakan, jenaka, jahil, jujur, dan baik hati. Namun, bila kurang tepat, ia bisa menghentikan semua kegiatannya dan akan menunggu saat yang tepat untuk bertindak. Bagi Shio Monyet, persiapan matang itu penting walaupun membutuhkan banyak waktu.
Shio Monyet mampu menjadi aktor, penulis, pengacara, olahragawan, pemegang saham, dan guru yang jempolan. Ia mampu membuat seseorang suka padanya, walaupun orang tersebut pernah dijahilinya. Sulit untuk berlama-lama memusuhi Shio Monyet. Ia selalu menempatkan dirinya di posisi yang menguntungkan. Kalau kebetulah harus kalah, Shio Monyet tahu betul bagaimana caranya menyerah tanpa kehilangna muka. Ia ahli seninya hidup. Dia mengerti, pada saat tertentu lebih baik mundur satu langkah untuk maju seribu langkah.
Shio Monyet memiliki daya ingat yang kuat dan rasa keingintahuan yang tak ada batasnya. Ia bisa juga menjadi praktis dan taktis. Ia akan menghitung setiap sen yang diperoleh dan tidak akan menghamburkan uangnya tanpa perhitungan matang. Ia juga realistis, pandai menjaga perolehannya, licin menghindar dari perangkap, dan sanggup menghalalkan segala cara untuk meloloskan diri. Ia masih punya hati nurani dan kalau sampai itu membuatnya terganggu, dalam sekejap dia bisa beramal secara gila-gilaan. Namun, kedermawanannya hanya bersifat temporer saja.
Shio Monyet yang dilahirkan antara antara pukul 23.00-01.00 sosok yang sangat memesona, tak ada yang dapat mencegahnya untuk menikmati hidup, dan tidak pelit. Shio Monyet yang dilahirkan antara 01.00-03.00 sosok yang bisa dipercaya, tetapi agak membosankan dan kaku. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 sosok yang kuat, ceria, terlalu percaya diri, selalu waspada terhadap orang, dan tidak mau mengaku kalah. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 sosok yang peka, tidak begitu jahil, waspada, dan memiliki perhitungan yang tepat ketika sedang bertransaksi dengan orang lain. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 pribadi yang terlalu cermat dan ambisius. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 lagak-lagunya mirip Houdini, ia bisa datang dan berlalu begitu saja tanpa diketahui oleh orang. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 memiliki sosok yang kurang gigih, mudah berubah haluan, dan suka membuat peraturannya sendiri. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok yang suka berkhayal, tukang mimpi, romantisme dengan segudang tipu muslihat, ramah, dan pandai bertenggang rasa. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 sosok yang ramah dan optimis. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 sosok yang tidak mau terikat pada norma kebiasaan, suka berpetualang, dan punya aspirasi tinggi. Shio Monyet yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok yang emosional, objektif, polos, lugu, cenderung menjadi penyindir yang tajam, dan jenaka. Shio Monyet yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok yang berani menanggung risiko, fair, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Monyet
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Monyet, yaitu Shio Monyet Logam, Monyet Kayu, Monyet Air, Monyet Api, dan Monyet Tanah.
a. Shio Monyet Logam
Shio Monyet Logam adalah tipe pejuang sejati, kuat, mandiri dan banyak akal. Ia bijak dalam memilih bidang investasi dan menjalankan bisnis sendiri atau mencari pekerjaan tambahan. Ia pintar mengamankan keuangannya dan lebih suka menabung dibandingkan berspekulasi dalam bisnis yang berisiko tinggi. Shio Monyet Logam sosok giat, demonstratif, aspirasinya tinggi, terlalu dramatis pada saat-saat tertentu, lincah, ceria, hangat, positif dan percaya diri. Ia punya kemampuan menjual segala sesuatu yang masuk akal. Bila mendesain sesuatu, hasilnya indah dan berguna. Ia dapat menjelma menjadi perintis suatu aliran. Kalau sedang bete, Shio Monyet Logam bisa menjadi sombong. Kesetiaannya tipis, kecuali untuk diri sendiri. Ia tipe pekerja keras yang pragmatis, single fighter.
b. Shio Monyet Air
Shio Monyet Air sosok yang kooperatif, spekulatif, mudah tersinggung, misterius, ramah, gesit, dan tekun mengejar tujuannya. Namun, ia tak terlalu berterus-terang melukiskan niatnya. Ia sanggup mengemukakan ide-idenya secara masuk akal. Ia bisa menggambarkan segalanya sejelas-jelasnya. Ia punya pengertian tajam tentang peran hubungan antar manusia dan bisa memanfaatkan pengetahuannya untuk mencapai tujuannya. Kalau sedang bete, Shio Monyet Air bisa kehilangan orientasi. Dia mudah terombang-ambing, tetapi cenderung sok tahu mencampuri urusan orang.
c. Shio Monyet Kayu
Shio Monyet Kayu sosok gemar membuka hubungan baik dengan orang lain, tetapi tak suka mencampuri urusan orang. ia mudah berbangga diri apabila berhasil secara finansial. Shio Monyet Kayu kerap gelisah, punya semangat merintis, sangat tertarik mengetahui beberapa teknologi temuan terbaru, dan intuitif sehingga mampu memprediksi masa depan. Shio Monyet Kayu akan berjuang mati-matian mempertinggi kedudukannya, selalu mengharapkan yang berlebih dan tak akan pernah puas dengan apa yang kini dimilikinya. Dalam usahanya mendapatkan pekerjaan dan kesempatan yang lebih baik, Shio Monyet Kayu akan menyingkirkan segala rintangan yang ada. Dia tertib dalam bekerja dan jarang berspekulasi.
d. Shio Monyet Api
Shio Monyet Api sosok yang enerjik dan pandai memanfaatkan peluang. Memiliki watak pemimpin alami dan pembaharu. Ia percaya diri, tekun, pandai mengungkapkan perasaan, dan menarik bagi lawan jenisnya. Api memberinya vitalitas besar dan cenderung mendominasi. Ia kaya imajinasi dan sering menemukan hal baru, tetapi sembrono ketika memanfaatkannya. Shio Monyet Api bisa sangat kompetitif, kreatif, berkemauan kuat, dan berinisiatif. Shio Monyet Api terkuat di antara semua unsur Shio Monyet. Ia sulit dikontrol. Ia tergolong beruntung dalam petualangan spekulatif karena mampu menghitung risiko secara tepat. Namun, ia sering berprasangka buruk terhadap orang lain.
e. Shio Monyet Tanah
Monyet Tanah sosok yang tenang, kalem, dan pandai mengontrol diri. Kadang, emosinya meledak-ledak. Bila kreasinya tak disanjugn, ia bersungut-sungut dan bertingkah kurang ajar. Biasanya, ia ngotot memperoleh prestasi secara akademis. Atau bila tak kuliah, dia akan memperkaya wawasan pengetahuannya dengan menjadi kutu buku. Ia pribadi yang jujur, terus terang, cermat, dan setia. Shio Monyet Tanah tidak terlalu gemar menjamu orang. Ia tidak terlalu egois dan mau mengabdikan diri untuk kepentingan bersama. Ia menghargai kejujuran terlebih lagi pada diri sendiri.
Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio







10.                     Shio Naga






72 Votes

(Agung, Kuat, dan Menawan)

A. Karakter dan Sifat Dasar
Naga dianggap sebagai binatang mistik dan paling agung yang dipuja oleh masyarakat Cina. Naga melambangkan kekaisaran atau kejantanan, pelindung kekayaan, kekuasaan, dan kemakmuran. Naga mewakili kekuatan sehingga dipercaya selalu mampu menentukan nasibnya sendiri. Anak bershio Naga cenderung memikul beban dan tanggung jawab walaupun ia adalah anggota keluarga termuda. Bahkan, ketika anak sulung dalam sebuah keluarga bershio Naga, ia “dicap” akan mampu membesarkan adik-adiknya dengan wibawa yang lebih besasr dibandingkan orang tua mereka.
Naga memiliki semangat meletup-letup. Ia memandang hidup ini laksana panorama yang berwarna-warni dan harus ambil bagian dalam setiap  momen. Pemilik Shio Naga mewarisi keperkasaan sang naga. Ia tergolong pribadi yang egois, nyentrik, fanatik, banyak tingkah, suka menuntut, dan tidak mengenal toleransi. Sifatnya angkuh, aristrokrat, dan tanpa tedeng aling-aling. Pemilik Shio Naga mampu menyusun idealismenya sejak usia muda. Ia mematok dan menuntut standar tinggi untuk nilai kesempurnaan. Ia cakap dan selalu mengambil jalan sendiri. Ia mampu merintis dunia baru di berbagai bidang. Pribadi yang jujur, terbuka, dan tidak suka bergosip. Ia tak pernah mau menusuk dari belakang atau “mengail di air keruh”. Ia tidak akan menelikung, meski terhadap lawannya sekalipun. Ia lebih suka berkompetisi dan mengalahkan semua lawan-lawannya secara jantan dan fair.
Shio Naga sering mendapat kemujuran dan dikagumi karena pribadinya anggun, tenang, berwibawa, dan kharismatik. Siapa pun ingin menjadi teman Shio Naga. Bersama Naga, siapa pun akan terpengaruh dan menjadi optimis. Begitulah, semakin tinggi pohon semakin kencang angin menerpa. Shio Naga juga dibenci oleh orang karena dengki dan iri pada keagungan sifatnya.
Pemiliki Shio Naga bekerja secara efisien dengan gairah meluap-luap. Ia tegas dan tidak pernah ragu dalam menangani masalah. Hampir semua masalah akan diselesaikan dengan cara sederhana. Ia kaya akan fantasi, tidak suka menetap di suatu tempat untuk sekian lama, dan menyukai aktivitas outdoor. Ia mengagungkan kebebasan, tetapi sangat taat pada aturan.
Shio Naga penuh dengan pesona dan romantis, tetapi sifatnya seringkali berubah-ubah. Ia mengagumi kemegahan yang menurutnya harus dinikmati. Namun, di sisi lain, ia juga menjunjung tinggi nilai kehidupan yang tidak mengejar nama dan kepentingan. Ia berambisi, tetapi tidak terpengaruh oleh hal duniawi. Ada pola dalam dirinya sebagai orang besar tak hentinya memikat dan membangkitkan daya imajinasi. Pesona Shio Naga sulit terlukis kata. Ia gudang energi sejati. Ketidaksabarannya, hasratnya yang menyala-nyala, serta kharismanya yang sakti dapat berkobar bagai lidah api yang sering dilukiskan tersembur dari mulutnya. Naga cepat fanatik terhadap sesuatu, ia tak mau setengah-setengah.
Stamina Shio Naga tak ada tandingannya. Pemikirannya pun jernih, hatinya bersih, tidak licik, dan tidak suka menipu orang. Shio Naga pasti akan menghindar dari perundingan yang penuh tipu muslihat. Shio Naga cenderung menyepelekan lawan yang curang yang diam-diam ingin menumbangkan kekuasaannya. Ia angkuh, segan minta bantuan, dan terlalu percaya diri. Ia terlalu bernafsu dan mudah terpedaya oleh khayalan muluk. Shio Naga terlalu berhasrat untuk maju sehingga sering melupakan kondisi kesehatannya, terutama sering mengalami masalah bagian punggung.
Shio Naga menganggap harus ada motif untuk diperjuangkan, punya tujuan untuk dicapai, dan punya prinsip untuk dipertahankan. Itulah yang menyalakan api dalam hatinya. Tanpa tantangan, Naga bisa jemu dan loyo. Ia tak sanggup menghadapi persoalan yang menjemukan. Kegagalannya sebagian besar hanya karena energi yang terkuras berlebihan. Namun, kalaupun gagal, ia akan segera bangkit. Ia tak akan terjerumus dalam masalah gangguan psikologis. Mentalnya terlalu kuat untuk menyerah begitu saja.
Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah sosok pribadi yang murah hati, efisien, penuh belas kasih, objektif, dan cepat mengambil keputusan. Shio Naga yang dilahirkan antara 01.00-03.00 adalah sosok pribadi yang alon-alon asal kelakon dan agak kaku, tetapi selalu paham apa yang harus dikerjakannya. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah sosok pribadi yang giat bekerja, tetapi seringkali lalai mengontrol amarahnya yang “meledak-ledak”. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 adalah sosok pribadi yang tenang, mawas diri, pandai mengendalikan diri dan pikirannya, tabah, sensitif, dan jago berdiplomasi. Shio Naga kelahiran antara pukul 07.00-09.00 adalah sosok pribadi yang paling unggul karena pengabdian dan kepatuhannya. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 adalah sosok pribadi yang sangat matang dalam merencanakan setiap langkahnya, kemudian menerapkan semua rencana itu dengan ketepatan yang luar biasa. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 adalah sosok pribadi yang gemar kongkow-kongkow, suka berjudi dengan taruhan tinggi, dan gila pesta. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 adalah sosok yang sederhana, penuh pengertian, dan mampu menyelesaikan tanpa kekerasan. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 adalah sosok yang mampu menjelma menjadi superstar di bidangnya, bersemangat tinggi, memiliki strategi yang jitu, unik, dan siapa pun tak akan mampu mengunggulinya. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 adalah sosok pribadi yang kreatif, imajinatif, dan pemberani tak kenal takut. Shio Naga yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 adalah sosok pribadi yang mapan, objektif, humoris, temperamental, dan selalu memiliki ide-ide yang segar. Shio Naga yang dilahirkan antara 21.00-23.00 adalah sosok pribadi yang setia, hangat, menyenangkan, dan punya banyak sebagai teman.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Naga
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Naga, yaitu Shio Naga Logam, Naga Kayu, Naga Air, Naga Api, dan Naga Tanah.
a. Shio Naga Logam
Shio Naga Logam tergolong pribadi yang cerdas dan berkemauan paling keras dibandingkan Shio Naga unsur lainnya. Ia sangat menagungkan kejujuran, ketulusan hati, terbuka, ekspresif, kritis, penuh aksi, dan siap tempur. Ia tidak mau percaya bahwa ada hal-hal tertentu yang tak bisa dikerjakannya. Shio Naga Logam akan mencoba memberantas semua bentuk kejahatan. Kalau suasana hatinya sedang buruk, ia cenderung egois. Ia kurang mahir berdiplomasi. Bahkan, ia akan berjalan sendiri kalalu orang lain tak setuju dengannya. Shio Naga Logam tak pernah ragu menerobos bahaya.

b. Shio Naga Air
Shio Naga Air adalah sosok pribadi yang laing rendah hati dan tidak angkuh dibandingkan Shio Naga unsur lainnya. Ia mampu mengenyampingkan egonya dan tidak suka melawan. Shio Naga Air amat “jinak”, tetapi progresif. Ia tidak bisa tampil menyolok seperti Shio Naga unsur lainnya. Ia lebih suka menunggu sambil mengamati (wait and see). Akalnya sama hebat dengan kemauannya. Shio Naga Air kokoh pada dasar falsafahnya sendiri, tetapi tidak memiliki sifat pendendan kepada siapa pun, meski mereka yang berlainan pendapat. Ia demokratis dan berpandangan liberla. Ia sportif atau berlapang dada ketika menerima kekalahan atau sebuah bentuk penolakan. Shio Naga Air berlaku bijaksana dan hanya melakukan apa yang dianggapnya penting. Ia senang melihat pertumbuhan dan perluasan. Ia sosok yang gesit, dapat diandalkan, dan pandai mempromosikan ide-idenya. Ia dapat menjadi ahli runding yang sukses karena mampu bersikap tepat dan mengucapkan kata-kata yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi. Shio Naga Air sangat berpegang teguh pada pendirian yang kerap membuatnya kehilangan segalanya.

c. Shio Naga Kayu
Shio Naga Kayu adalah sosok pribadi yang murah hati, kreatif, mampu mengembangkan konsep gemilang, dan revolusioner. Ia jago memformulasikan idenya dan bisa bekerjasama. Namun, kadang ia cenderung mendebat kalau pendapatnya ditentang. Meski begitu, dia pandai berdiplomasi dan mencari jalan tengah yang netral. Ia berusaha mencari cara simpatik agar tidak melukai perasaan orang. Ia cerdik dan mampu menyembunyikan nafsunya untuk mendominasi publik. Ia toleran dan bersedia berkompromi. Egonya selangit, tetapi fleksibel. Bahkan rela merendah kalau dirasa menguntungkan baginya. Shio Naga Kayu punya jiwa penyelidik seperti detektif. Ia tidak pendendam dan mementingkan diri sendiri seperti Shio Naga unsur lainnya. Ia blak-blakan, sombong, dan tidak gentar ditantang.

d. Shio Naga Api
Shio Naga Api paling berbudi, ramah, dan senang bersaing dibandingkan Shio Naga unsur lainnya. Shio Naga Api agresif dan banyak menuntut. Energinya meluap dan berapi-api. Ia mampu berbuat banyak hal dalam skala besar dan suka merasa lebih unggul dan ingin diperlakukan sebagai seorang pemimpin. Ia cenderung memaksakan kehendak, tetapi terbukan dan blak-blakan. Ia lembut, meski cepat naik darah dan marah-marah. Ia tak pandai bertenggang rasa dan tak sabar melihat hal yang kurang sempurna.

e. Shio Naga Tanah
Shio Naga Tanah adalah sosok pribadi yang menawan, suka bergaul, dan memiliki dorongan kuat untuk mengontrol keluarga dan masyarakat sekelilingnya. Ia adil dan menghargai pendapat orang, meski dia sendiri tidak sependapat. Ia realistis, mantap dan objektif, meski cenderung menaklukan sesamanya. Ia tegar, kuat bagai batu karang, tenang, tabah, dan perkasa. Kontrol dirinya kuat. Ia tak mau merendahkan martabatnya dengan mendebat orang yang kedudukannya lebih rendah. Namun, bila harga dirinya terusik, ia akn langsung membalas.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio






11.                     Shio Tikus






42 Votes

(Cerdik dan Efisien)

  1. Karakter dan Sifat Dasar
Shio Tikus memiliki karakter yang jenaka, rajin, tanggap, dan cekatan. Shio Tikus juga terlihat memesona, ceria, jujur dan cenderung blak-blakan. Sifat lainnya dari Shio Tikus adalah cerdik, lincah, humoris, gaul, giat, hemat (cenderung sedikit pelit), dan percaya diri. Sisi lainnya, Shio Tikus juga gemar pesta, dugem, kongkow dengan konco-konco, dan travelling.
Shio Tikus sangat tulus menyayangi teman-teman, anak buah, kerabat, dan terutama pasangannya. Terkadang, ia suka ikut terlibat dalam kehidupan dan petualangan pribadi orang lain dan tidak mudah melepaskan ikatan emosi dengan sesama. Kemampuannya mencintai orang terdekatnya sebanding dengan kelihaian dan kecintaannya pada uang.
Shio Tikus suka berkelompok. Ia mampu mengatasi kesulitan dan pandai mengambil posisi pada saat krisis. Sepertinya, Shio Tikus memiliki bakat untuk meloloskan diri pada saat terjebak, atau kondisi gawat. Prioritas utamanya adalah menyelamatkan diri. Shio Tikus juga mempunyai bakat untuk membela diri dan nyaris tidak gagal.
Shio Tikus yang cerdik selalu sanggup menemukan pekerjaan produktif. Tidak sedikit pemilik Shio Tikus yang menjadi penulis jempolan. Salah satu contoh pemilik Shio Tikus adalah Shakespierre. Shio Tikus memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar, pandai mengamai, jeli pada hal-hal yang sepele, dan memiliki daya ingat yang sangat baik. Karena karakter dasar itu, Shio Tikus juga cocok untuk menapaki karier menjadi seorang wartawan. Bukan hanya itu, Shio Tikus juga memiliki bakat sukses dalam mengelola bidang apa pun karena sangat fleksibel dan cepat menyesuaikan diri dengan segala macam situasi.
Namun, satu hal yang bisa menghadang keberhasilan Shio Tikus adalah faktor ketamakan. Shio Tikus paling tidak bisa mencium “bau uang”. Terkadang, ambisinya untuk mengeruk keuntungan membuatnya terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan. Shio Tikus suka memaksakan diri untuk mengerjakan banyak hal sekaligus apabila berhubungan dengan uang. Bagi Shio Tikus, uang adalah gairah utamanya. Meskipun telah dibekali “alarm tanda bahaya” oleh alam, tetapi ia sering mengabaikan instingnya. Masalah utama Shio Tikus adalah tidak berdaya pada “tawaran yang menggiurkan”. Akibatnya, ia cenderung jatuh ke dalam “perangkap lama”, yaitu terjebak pada ketamakannya sendiri, bahkan sampai jatuh bangkrut. Namun, ketika bangkrut, Shio Tikus selalu menemukan rezeki lainnya yang tersembunyi di suatu tempat. Pemilik Shio Tikus paling sentimental dibandingkan dengan shio lainnya. Shio Tikus sangat akrab dan dekat dengan anak-anak dan orang tuanya.
Shio Tikus yang lahir pada malam hari akan mengalami kehidupan yang lebih tenang daripada Shio Tikus yang lahir pada siang hari. Lebih detail lagi, jam kelahiran sangat mempengaruhi eksistensi pribadinya. Shio Tikus yang lahir antara pukul 23.00-01.00 memiliki sifat mudah menarik shio lainnya, tetapi sangat angkuh. Shio Tikus yang lahir antara 01.00-03.00 memiliki sifat “alon-alon asal kelakon” dan raut muka yang serius. Shio Tikus yang lahir pada jam tersebut terkesan lebih waspada dan mampu mengekang naluru spekulasinya. Shio Tikus yang lahir antara pukul 03.00-05.00 memiliki karakter dasar agresif, suka memerintah, dan berambisi untuk sukses. Shio Tikus yang lahir antara pukul 05.00-07.00 terkesan lebih jinak dan lembut, tetapi memiliki perhitungannya yang matang dan cerdik. Shio Tikus kelahiran antara pukul 07.00-09.00 memiliki bakat “serba terlalu”, yaitu terlalu berambisi, terlalu optimis, dan terlalu boros. Dengan bakat itulah, Shio Tikus yang lahir pada jam tersebut cenderung berhasil dalam urusan bisnis. Shio Tikus yang lahir antara pukul 09.00-11.00 memiliki bakat mampu menyelinap masuk ke dalam “dompet” dan “hati” siapa pun. Shio Tikus ini memiliki karakter waspada dan cenderung licik menghadapi lawan-lawannya.  Shio Tikus yang lahir antara pukul 11.00-13.00 memiliki sifat pemberani, penuh gaya (stylist), tidak segan-segan mengambil risiko, dan plin-plan yang sering mengakibatkan kisah cintanya kacau-balau. Shio Tikus yang lahir pada jam ini memiliki dua kemungkinan, yaitu sangat sukses dalam bisnis atau bangkrut. Shio Tikus yang lahir antara pukul 13.00-15.00 memiliki sifat yang terlalu sentimental, tetapi sangat giat mencari uang yang halal dan memiliki cita rasa yang tinggi. Shio Tikus yang lahir antara pukul 15.00-17.00 memiliki bakat mampu memahami segala macam jenis tipuan dan terkadang ia juga memanfaatkan tipuan itu untuk menjerat mangsanya. Shio Tikus yang lahir pada jam ini tidak sentimental dan memiliki selera humor yang sangat menakjubkan. Shio Tikus yang lahir antara pukul 17.00-19.00 terlihat sangat cerdas dan terampil, tetapi suka berpuas diri. Ia juga jago mencari dan menyimpan uang. Hanya saja, ia memiliki hobi belanja yang berlebihan. Shio Tikus yang lahir antara pukul 19.00-21.00 justru tidak terlalu memedulikan masalah uang. Ia selalu berpikir objektif sehingga cocok menjadi penulis atau wartawan yang “berpena tajam”. Shio Tikus yang lahir antara pukul 21.00-23.00 memiliki sifat ragu-ragu. Ia terbiasa berperan sebagai orang yang mencoba membereskan segala sesuatu, tetapi usahanya sering tidak menghasilkan apa-apa alias. ‘sia-sia’.

  1. Teori Dasar Lima Unsur Shio Tikus
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Tikus, yaitu Shio Tikus Logam, Tikus Kayu, Tikus Air, Tikus Api, dan Tikus Tanah.
  1. Shio Tikus Logam
Tikus Logam cenderung idealis dan emosional. Shio Tikus Logam pandai menutupi perasaannya dengan bersikap gembira dan simpatik, walaupun sebenarnya ia adalah tipe pencemburu, pemarah, egois, dan posesif. Pandangannya didasarkan pada perasaannya. Ia mencintai uang, tetapi tak segan-segan untuk mengeluarkan uang demi sesuatu yang dianggap lebih bernilai. Ia tahu bagaimana berinvestasi dengan baik. Mungkin, Shio Tikus Logam tidak seromantis Shio Tikus unsur lainnya. Namun, dia cukup hangat dan moralis. Ia suka sandiwara, drama, ataupun pertunjukan klasik. Ia juga senang dengan beragam jenis olahraga. Shio Tikus Logam sangat cocok meniti karier dalam dunia olahraga dan seni.

  1. Shio Tikus Air
Shio Tikus Air lebih memerhatikan kegiatan batin dan kerumitan proses berpikir. Pandangannya hebat, menyenangi ilmu pengetahuan, dan pandai mengutarakan pendapatnya di atas kertas. Shio Tikus Air mampu bekerja keras, giat belajar, dan berorientasi untuk menggapai jenjang pendidikan tertinggi. Baginya, hidup didedikasikan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan tidak pernah berhenti belajar. Ia tergolong pandai bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat, penuh pengertian, dan cepat menyesuaikan diri. Namun, sikapnya cenderung tradisional dan konservatif. Ia lebih senang mengalun bersama pasang-surutnya gelombang kehidupan. Ia tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh orang lain. Ia pun mengerti bagaimana cara untuk menyenangkan hati orang lain. Shio Tikus Air sangat dihormati dan sanggup mempromosikan segala bakatnya. Shio Tikus Air memiliki bakat alam, yaitu pandai membuat perhitungan dalam berbagai hal.

  1. Shio Tikus Kayu
Shio Tikus Kayu biasanya terlihat simpatik. Ia ingin meraih sukses dengan memanfaatkan segala potensi di hadapannya. Ia juga penuh pengertian dan sangat mudah menyesuaikan diri dengan berbagai situasi. Pandangannya cukup jauh ke depan dan memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar. Namun, Shio Tikus Kayu cenderung egois dan tidak peduli dengan kepentingan orang. Shio Tikus Kayu memiliki prinsip, tetapi cukup mengerti dalam hal mengurutkan skala prioritas. Ia juga mencinta kedamaian, tetapi sering merasa gelisah karena memikirkan masa depannya. Pada dasarnya, Shio Tikus Kayu memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mengerti banyak hal, dan mengerti apa yang harus dikerjakan.

  1. Shio Tikus Api
Shio Tikus Api terlihat lebih dinamis dan elegan daripada Shio Tikus lainnya. Ia sangat aktif dan tidak pernah lelah untuk mengampanyekan rasa keadilan atau mengubah keadaan menjadi lebih baik. Shio Tikus Api gemar bepergian dengan busana baru dan berwatak agresif, tetapi memiliki kedermawanan yang cukup tinggi. Ia enerjik dan idealis, tetapi kurang pintar berdiplomasi. Shio Tikus Api cenderung terlalu blak-blakan, kurang disiplin, dan suka menuruti kata hatinya. Ia memiliki hati dan perasaan yang lembut. Oleh sebab itu, ia lebih menyukai ketentraman suasana di pedesaan daripada tempat yang bising. Shio Tikus Api selalu mandiri dan tidak pernah takut berkompetisi. Namun, ia sering merasa tidak puas dan kurang sabar dengan hasil yang sedang-sedang saja. Akibatnya, kehidupan Shio Tikus Api sering berubah secara dramatis.

  1. Shio Tikus Tanah
Shio Tikus Tanah lebih cepat tumbuh dewasa dan matang dibandingkan Shio Tikus unsur lainnya. Baginya, kebahagiaan dan kepuasan terletak pada kondisi yang tertib, disiplin, dan tentram. Ia menyukai hal yang realistis dan tidak suka hal yang muluk-muluk. Shio Tikus Tanah sangat piawai dalam menjaga hubungan baik dengan semua orang dan lebih menyukai bekerja di satu tempat dalam waktu yang cukup lama. Shio Tikus Tanah sering memiliki teman-teman yang baik dan setia. Ia juga tergolong cermat dan efisien dalam bekerja sehingga tidak jarang mampu meraih target dengan ‘sekali pukul’ saja. Namun, ia berambisi ingin cepat sukses, merasa benar sendiri, dan kurang memiliki rasa toleransi pada orang lain. Ia juga sering terlihat ‘jual mahal’ dan ‘jaim’. Namun, pada dasarnya ia tergolong hangat dan sangat melindungi apapun yang dicintainya. Standar materinya sangat tinggi sehingga terkadang sering membanding-bandingkan keberhasilannya dengan orang-orang seusianya. Shio Tikus Tanah bisa menjadi orang yang sangat pelit. Ia tidak menyukai judi atau berspekulasi. Karena itu, meski tampak lambat kemajuannya, usaha Shio Tikus Tanah akan berkembang secara pasti. Ia berpegang teguh pada aturan dan pelaksanaan yang sudah disetujui bersama. Ia pun mengharapkan orang lain juga mengikuti aturan tersebut.


Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio


12.                     Shio Ular






79 Votes

(Pendiam dan Filosop Sejati)
A. Karakter dan Sifat Dasar
Menurut mitos Masyarakat Cina, ular adalah binatang yang sulit ditebak, misterius, “dingin”, pendiam, dan cenderung mewakili unsur jahat. Biasanya, pemilik Shio Ular mewarisi watak dasar ular. Biasanya Shio Ular memiliki rupa cantik dan tubuh seksi, tetapi muram, dingin, dan punya sisi gelap. Shio Ular adalah sosok misterius, rumit, sulit ditebak, dan mengundang pemikiran. Shio Ular dicinta dan dibenci. Banyak orang ingin mendekatinya, tetapi takut untuk mendekat. Ia suka menyombongkan diri, tetapi mawas diri, luwes, bebas, dan leluasa. Ia bisa saja menjadi lembut, licik, dan kejam. Pesona kontradiktif ini sulit ditangkis. Ekspresinya ibarat “air kolam di musim kemarau” (tenang, hambar, apatis, tetapi memancarkan cahaya yang memikat hati). Orang akan sangat kesulitan untuk membaca isi hatinya hanya berdasarkan ekspresi wajah dan ucapannya karena “hatinya” begitu kecil, bahkan untuk dirinya sendiri. Justru karena sifatnya yang lemah lembut dan sederhana membuat hubungan dengan sesama menjadi lebih seimbang dibandingkan shio lainnya.
Umumnya, Shio Ular seorang penyendiri, tetapi ia memiliki teknik bergaul tersendiri dan sangat berkelas. Ia mudah menghadapi berbagai suasana. Ia bisa menjadi lembut, sopan, dan gemerlap pada saat dibutuhkan atau bersikap anggun dan ramah kalau memang diperlukan. Ia kurang berlapang hati, suka menghitung, dan membandingkan setiap hal. Ia tidak mau mentolerir orang atau sesuatu hal yang tidak menguntungkan baginya. Ia sangat mudah melakukan penyesuaian dalam situasi dan kondisi apa pun. Ia bukan petualan, teatpi punya kemampuan setara dengan petualang profesional.
Ia sulit mengubah diri hanya karena keinginan orang lain. Sebaliknya, ia seringkali mempengaruhi orang lain secara halus dan hampir tak kentara. Shio Ular memiliki banyak persamaan dengan Shio Naga. Kehidupannya dapat berakhir dengan kemenangan atau bencana, tergantung apa yang diperbuatnya. Walaupun sering menyangkal, di balik penampilannya yang intelek, Shio Ular ternyata masih percaya takhayul.
Ia sosok yang pendiam, tetapi selalu ada kejutan ketika berbicara sanggup mempengaruhi orang yang mendengarnya. Ia cepat mengambil keputusan dan bertindak. Ia sangat senang menimbang-nimbang segala sesuatu, berusaha menilai dan merumuskan pandangannya secara tepat, sangat berhati-hati dalam bertutur kata, dan tampak tenang padahal hati kecilnya “berkobar-kobar”.
Otaknya nyaris sama seperti komputer. Kecerdikanya akan mendatangkan kekayaan, tetapi bisa juga menimbulkan luka yang mendalam. Profesi sebagai filosof, ahli teologi, kampiun politik, dan taipan moneter merupakan bidang yang pas digeluti pemilik Shio Ular. Ia memang pemikir yang misterius. Ia mencintai buku-buku bermutu, makanan lezat, alunan musik yang menyentuh, dan teater. Ia menyukai semua hal yang indah. Perempuan cantik dan laki-laki tampan biasanya lahir di bawah shio ini.
Tak gampang berhubungan dengan pemiliki Shio Ular. Ia selalu waspada dan sulit dijebak. Ia memiliki kemauan keras dan akan mempertahankan posisinya sampai titik darah penghabisan, tak peduli bagaimanapun pahitnya.
Biasanya, Shio Ular adalah sosok pacar yang romantis, bahkan sering dianggap sebagai seorang “mata keranjang”. Shio Ular bersemangat dalam mengejar transaksi, sama bersemangatnya pada saat ia berusaha meraih simpati si jantung hati.
Pemilik Shio Ular jarang mengalami kekurangan uang atau materi. Ketika hidup penuh kekurangan di masa muda, ia tak akan melupakan kenangan pahitnya. Kemudian, ia bisa menjadi sedemikian fantastis dalam mengumpulkan kekayaan dan bukan mustahil menjadi serakah dan pelit.
Orang Cina percaya bahwa Shio Ular yang lahir pada musim kemarau paling “mematikan”. Shio Ular yang dilahirkan pada musim dingin cenderung tenang dan “jinak”. Shio Ular yang dilahirkan saat cerah akan lebih merasa bahagia dan puas daripada mereka yang lahir pada saat cuaca buruk.
Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah sosok pribadi yang “bermulut manis”, sopan, energik, sentimentil, melankolis, dan cenderung pelit. Shio Ular yang dilahirkan antara 01.00-03.00 adalah sosok pribadi yang menawan, mahir mengelak, keras kepala, sulit berhubungan dengan orang lain, berkemauan keras, dan memiliki stamina yang prima. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah sosok pribadi yang hangat, ringan tangan, serba bisa, sering menaruh rasa curiga, dan bahkan suka menuduh. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 adalah sosok pribadi yang lembut, “bermulut manis” tapi bisa menyimpan bisa, dan jarang gagal dalam berbisnis. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 adalah sosok pribadi yang murah hati, sosial, dermawan, bijaksanan, senang melakukan pembaharuan, dan cenderung menjadi orang total (orang yang baik atau jahat). Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 adalah sosok pribadi yang posesif, misterius, sulit dipahami, dan mampu mempertahankan sesuatu yang telah diperolehnya. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 adalah sosok pribadi yang humoris, periang, mampu melihat sisi cerah kehidupan, sangat romantis, dan sering terjebak menjadi “mata keranjang” (baik laki-laki maupun perempuan). Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 adalah sosok pribadi yang artistik, pengamat tak tercela, seleranya elite, dan cukup paham bagaimana memenuhi seleranya yang mahal. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 adalah sosok pribadi yang jenius, arogan, keras kepala, dan sulit ditentang. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 adalah sosok pribadi yang sangat gigih, berkemauan keras, berpengetahuan luas, dan periang. Shio Ular yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 adalah sosok pribadi yang moralis, setia, berkeyakinan kuat, intelek, dan cenderung menjadi pemikir. Shio Ular yang dilahirkan antara 21.00-23.00 adalah sosok pribadi yang sangat menikmati hidup, lihai meloloskan diri, dan sulit melepaskan diri dari kehangatan anggur, seks, dan musik.
B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Ular
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Ular, yaitu Shio Ular Logam, Ular Kayu, Ular Air, Ular Api, dan Ular Tanah.
a. Shio Ular Logam
Shio Ular Logam termasuk sosok yang cerdas, penuh perhitungan, dan berkemauan keras mengejar kekayaan dan kekuasaan. Ia penyendiri, terlalu percaya diri, suka menyimpan rahasia, responnya cepat tanpa banyak suara, dan mampu menempatkan diri pada posisi yang kokoh. Ia mendambakan kemewahan dan hidup senang. Terkadang, ia terlalu menaruh curiga sampai-sampai hampir “gila” memikirkan rasa kecurigaannya itu. Shio Ular Logam punya sifat iri dan gigih berusaha mengungguli semua lawannya dengan segala cara. Biasanya, pemiliki Shio Ular Logam sudah mampu menemukan jalan hidupnya sejak usia muda dan memegang teguh prinsip itu. Ia bisa bermurah hati dan bekerja sama dengan orang lain, tetapi tetap saja menaruh rasa curiga dan waspada.
b. Shio Ular Air
Shio Ular Air sosok yang tak terkalahkan, dikaruniai kharisma yang kuat, dan watak yang selalu ingin tahu. Ia licin, berjiwa bisnis, dan amat materialistis. Shio Ular Air memiliki keteguhan batin dan penuh konsentrasi. Ia dapat menyisihkan hal yang kurang penting demi keseluruhan perencanaannya yang efektif. Ia tak pernah berpaling dari cita-citanya atau kehilangan kontak dengan realitas. Ia artistik, gemar membaca, intelek, praktis, terampi menangani orang banyak, dan pandai mengatur masalah keuangan. Ia pribadi penyabar, tetapi agak pendendam.
c. Shio Ular Kayu
Shio Ular Kayu sosok yang serius, arif, penuh kasih, dan pengertian pada sesama. Ia juga peduli pada lingkungannya. Ia butuh kebebasan intelektual. Hatinya tegas dan tahan uji. Ia mendambakan kestabilan emosional dan keuangan. Hobinya cukup mahal. Ia agak sombong dan butuh pengakuan sehingga sangat berupaya untuk meraih kesuksesan. Shio Ular Kayu berpengetahuan luas, penilaiannya tepat, bijaksana, dan mampu menjelma menjadi pemain saham yang hebat. Ia pun luwes, menghargai keindahan, dan menggemari seni musik atau teater.
d. Shio Ular Api
Shio Ular Api adalah sosok yang bersemangat, suka menggurui, aktif, dan mampu melaksanakan segalanya secara enerjik. Unsur api memberinya daya tarik dan kharisma tersendiri. Ia pun percaya diri dan memiliki jiwa pemimpin. Ia juga mudah curiga, terlalu cepat mencela atau menyalahkan orang, dan suka menutup diri. Kemauannya keras dan bisa dikatakan tergila-gila akan ketenaran, uang dan kekuasaan. Cita-citanya setinggi bintang. Shio Ular Api adalah sosok yang paling ambisius, keras hati, dan pencemburu dibandingkan Shio Ular dari unsur lainnya. Ia mampu menunjukkan rasa cinta atau benci secara berlebihan.
e. Shio Ular Tanah
Shio Ular Tanah termasuk hangat dan spontan. Ia mampu membangun citra diri yang bagus. Shio Ular Tanah lebih memiliki prinsip, gigih, dan bisa diandalkan dibandingkan Shio Ular unsur lainnya. Shio Ular Tanah pandai berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok. Wawasannya luas dan berambisinya untuk sukses. Ia mampu mengontrol diri, terutama pada saat-saat genting dan membingungkan. Ia tak akan mudah untuk ditakut-takui dan dipengaruhi. Pemikirannya sangat konservatif. Ia pribadi yang hemat dan giat bekerja. Shio Ular Tanah juga sosok yang sistematis sehingga mampu menjalankan usaha perbankan, asuransi, investasi, dan real estat dengan baik. Ia mengetahui secara pasti batas kemampuannya dan selalu arif untuk tidak memaksakan diri. Shio Ular Tanah paling anggun dan paling memikat dibandingkan Shio Ular unsur lainnya. Ia pun sosok yang “dingin”, pandai menguasai diri, menawan, dan setia kawan.
Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio


Tidak ada komentar:

Posting Komentar